Berburu Sailor Moon saat pandemi di Jepang!

Berburu Sailor Moon saat pandemi di Jepang!

Sailor Moon is now in a big hit in Japan or even worldwide! Sejak tahun lalu, sudah ramai media resmi Sailor Moon memberitakan bahwa akan ada film terbaru yang akan rilis tahun ini. Tak tanggung-tanggung, film yang akan rilis ada DUA bo’! Tepatnya pada hari Jum’at, 8 Januari 2021 dan 11 februari 2021. Jadinya setahun sebelumnya sudah banyak banget perusahaan yang mencoba menjalin kerjasama dengan Sailor Moon ini.

Akibatnya apa? Para fans garis keras Sailor Moon sedunia semangat sekali menabung. Hah menabung? Buat apa?

Merchandise Sailor Moon yang dikeluarkan tidak tanggung-tanggung harganya. Sepertinya manajemen Sailor Moon paham betul siapa pangsa pasar terbesar anime legendaris tahun 90-an ini. Siapa lagi kalau bukan anak tahun 90-an yang zaman sekarang dah pada kerja dan berduit banyak, so, ngapain juga nyiptain merchandise yang murah? Iya ga? xD

Area penjualan khusus Merchandise Sailor Moon. Hari pertama rilis.

Bermacam-macam barang kolaborasi ada, dari kopi, ayam goreng, hingga tas exclusive dan tongkat keluaran terbatas (limited edition) yang harganya jutaan rupiah!

Hah? Jutaan rupiah? Ada gitu? Banyaaak xD

Saya juga baru memahaminya sejak saya menjerumuskan di dunia jual beli merchandise Sailor Moon. Jujur, salah satu alasan saya mempelajari Bahasa Jepang adalah karena saya suka nonton Sailor Moon. Satu dari beberapa alasan saya belajar menggambar juga karena Sailor Moon. Haha~

Jadi meskipun belum bisa dibilang fans garis geras, saya tahu sedikit-sedikitlah per-Moo-Moon-an ini xD

Nah, tepat pada hari ini tanggal 16 Januari 2021, Sailor Moon mengadakan kolaborasi produk dengan 3COINS Japan. Seperti namanya, 3COINS ini menjual barang-barang yang dimulai dari harga 300yen. Namun beberapa item juga ada yang dibanderol seharga 500yen dan 1000yen.

Kalau saya engga salah ingat, dua bulan sebelum hari ini, uda ada loh pengumuman tentang kolaborasi ini. Dan, para kakak-kakak fans yang luar biasa itu sudah ancang-ancang dan booking tanggal ini hanya untuk memburu merchandise exclusive Sailor Moon di 3COINS store.

Beberapa nama Sultan dan Sultina (apa dong julukan buat Sultan wanita? xD) Indonesia sudah saya kantongi berikut list pesanan mereka. Mereka pun paham bahwa di 3COINS nantinya ada batasan-batasan saat belanja. Untuk apa?

Untuk,

  1. Menghindari kerumunan. Iyalah, zaman pandemi gini ga boleh berkerumun gaes. Sungkan juga ama toko kanan-kiri kalau cuma toko kita aja yang ramenya kebangetan kan.
  2. Menjaga agar customer tidak impulsive buying sehingga sampai tidak menyisakan barang untuk customer selanjutnya. Wah, kemaruk itu namanya xD Jangan pernah kayak gitu ya! Semenjak di Jepang ini, saya jadi belajar satu budaya lagi, bahwa sebesar apapun diskon dan semenggiurkan apapun barangnya, pembeli yang datang hanya akan membeli SECUKUPNYA saja. Enggak hoarding, enggak serakah, enggak kemaruk dan enggak dibeli semuanya sendiri. Mereka memikirkan customer yang datang setelahnya juga, agar sama-sama dapat membeli dan menikmati barang yang mereka dapatkan. Wah, masya Allah, keren ya mikirnya segitunya lho! :”)

Kira-kira dua poin besar di atas saja, namun masya Allah efeknya luar biasa. Jadi tertib, ga ada gradak gruduk, ga ada dorong-dorongan. Suasana tokonya biasa aja, kayak ga ada momen special pokoknya. Tapiiii, atuh barangnya tetep cepet abis juga T_T

Abiss gaess, belanja apa dong uwe T_T

Kami tiba di toko ketika jam menunjukkan pukul empat sore, lalu kami menghampiri pramuniaga dan mengatakan bahwa kami ingin juga membeli barang-barang 3COINS yang berkolaborasi dengan Sailor Moon. Setelah itu kakak pramuniaga memberi kami selebaran yang berisi tiket nomor antrian, jam antrian, serta persyaratan untuk bisa dapat membeli item Sailor Moon pada hari pertama peluncuran itu.

Tiket dan persyaratan untuk pembeli.

Beberapa persyaratan yang tertulis kurang lebih sebagai berikut:

  1. Satu tiket hanya berlaku untuk satu orang. Jika membawa anak-anak, harap beritahu kami terlebih dahulu.
  2. Anak kecil tidak dihitung dalam antrian.
  3. Harap datang beberapa menit sebelum nomor antrian anda dipanggil.
  4. Tidak berlaku di luar jam yang tertera pada tiket.
  5. Jika ada keadaan gawat darurat seperti bencana alam, dsb, maka toko berhak menutup gerai lebih awal tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  6. Tiket tidak berlaku di cabang lainnya.
  7. Hanya boleh membeli sejumlah 1 buah saja per jenis barang.
  8. Ketika memasuki toko, mohon tetap menggunakan masker dan jaga jarak untuk mencegah penyebaran virus Corona.
  9. Batas waktu memilah barang hanya 10 menit per orang.
  10. Mohon perhatikan pengunjung yang lainnya juga ketika berbelanja. Mohon tidak menyebabkan ketidaknyamanan pengunjung lainnya.
  11. Terima kasih atas kerjasamanya.

Mantap. Banyak sekali persyaratan untuk membeli barang limited edition ini ya guys! πŸ˜€

Dan masya Allah, semua pengunjung menaati peraturan dengan baik dong! Sehingga tidak merepotkan penjaga toko, pengunjung mall lainnya, maupun gerai yang ada di kanan-kiri nya. Masya Allah ya! Bisa kita tiru nih.

Tepat lima menit sebelum nomor tiket saya dipanggil, saya deg-degan xD Pingin minum, mendadak lapar, dan gemetaran. Haha lebay ya! Tapi itulah kenyataannya, karena saya belum pernah ada di posisi ini. Dalam hati saya berdo’a semoga bisa dapat barang yang dipesan pelanggan saya di Indonesia, serta dijauhkan dari membeli barang berlebih yang tidak kami butuhkan.

Selain karena supaya barang tersebut bisa dibeli orang yang tepat, saya juga harus hemat, Beb! Karena tahun ini sepertinya akan banyak “hujan” merchandise Sailor Moon. So, be prepared. Apanya? ATM nya xD

Hari kedua rilis. Barang dah tinggal karen-karen alias sisa-sisa, Gaes!

Letak merchandise Sailor Moon itu ditata terpisah dengan barang non-Sailor Moon. Jadi ada semacam pembatas khusus gitu. Hanya yang memiliki tiket sesuai jam nya saja yang dapat membeli merchandise Sailor Moon. And, I am in, yay!

Sebelum 10 menit berlalu, kami sudah mantap untuk melangkahkan kaki ke kasir. Dan, unpredictable, si kecil ikut heboh berbelanja, dia mulai ambil barang ini itu yang tak termasuk list jualan saya, hadeeeh xD

Minta bagian juga gaes.

Total, hampir ada 35 lebih barang yang kami beli. Alhamdulillah, sepertinya baru kali ini kami belanja sebanyak ini, sampai agak susah waktu mau duduk di dalam bus. Jaket tebal musim dingin, barang yang dibeli plus lemak tubuh saling berjejalan menekan kursi bus yang berjarak sangat sempit >,<

Dibalik Ibu yang jadi bakul, ada Bapak yang siap jadi kuli angkut. Alhamdulillah.

Barangnya lucu-lucu, guys! Sebenarnya saya juga melirik dan menaruh harap pada beberapa barang tersebut, unyuu banget Ya Allah. Tapi harus ingat tadi dari rumah sudah niat ingsun buat jualan ya, Beb.

So, Alhamdulillah sekarang barang-barang tersebut sudah mendarat di rumah packing kami di Surabaya/Sidoarjo. Setelah proses packing, esoknya insya Alloh akan segera dikirimkan ke alamat pembeli setia @chukorosm

Semoga dari yang sedikit ini bisa membawa banyak berkah buat semua. Terima kasih teman-teman sudah menyempatkan membaca sejauh ini, dan terima kasih pula sahabat @chukorosm yang selalu setia berbelanja di tempat kami.

Semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam penjagaan Allah SWT ya!

Salam hangat dari kami!

Ada penggemar Sailor Moon jugakah di sini? Cunghand! hehe

Yuk saling berbagi di kolom komentar!

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini hingga selesai. Saran kritik bisa langsung ke surel vidyayupi@gmail.com, atau instagram @vidyagatari . 

Terima kasih  dan sampai jumpa lagi di tulisan saya selanjutnya Ζͺ(Λ†β–½Λ†)Κƒ  

4 Replies to “Berburu Sailor Moon saat pandemi di Jepang!”

  1. Wahhhh rasanya memberi barang limited edition itu emang gak ada duanya, apalagi kalau kita bisa membeli barang itu sebagai orang pertama pasti bangga banget sih. Oiyaa ka, saya follow ignya yaa (a.uqri)

    Terima kasih πŸ˜€

Bagaimana tanggapanmu? Mari berbagi ^_^

%d bloggers like this: