Perabot “Aneh” tiap musim hujan di Jepang.

Perabot “Aneh” tiap musim hujan di Jepang.

 
 
flickr dot com by Aleksa Castell
Hujan adalah rahmat. Itu beneran terbukti loh, salah satu contohnya di Jepang, gara-gara hujan, jadi ada banyak inovasi terbaru yang mempermudah kehidupan manusia bumi 😀
 

Saya suka sekali hujan, apalagi kalau pakai payung transparan, berasa ala-ala anime gitu, kan berasa kayak Usagi yang lagi menunggu Mamoru untuk ngedate xD #malahcurhat.
art by ASH valery vk dot com
 
 
Kali ini saya ingin berbagi tentang barang-barang Aneh bin Ajaib (paling tidak, menurut saya 😀 ) selama musim Hujan di negeri lahirnya Sailor Moon 😀

 
1. Umbrella Stand (tempat menaruh payung).

Hampir tidak ada bangunan di Jepang, yang tidak memiliki alat ajaib pertama ini. Di supermarket, rumah, toko obat, restoran, dan beberapa tempat lainnya wajib memiliki inovasi ini untuk memudahkan pengunjung “memakir” payung mereka sebelum memasuki bangunan. Bentuk dan tingginya pun bervariasi, dari standard, kyut alias lucuk gila dan modern atau artistik. Semua adaaa!
 
diambil dari amazon dot jp
diambil dari amazon dot jp
diambil dari amazon dot jp
diambil dari amazon dot jp
 
2. Umbrella Wrapper (Mesin atau tempat dengan fasilitas plastik pembungkus payung yang basah).
 
Jika bangunan yang luas dan besar, yang memiliki pengunjung lebih dari 50 orang perhari misalnya, tidak akan cukup hanya memiliki Umbrella stand seperti poin di nomor 1 di atas. Lalu gimana dong?. Ini nih, Wet Umbrella Wrapper, versinya pun bermacam-macam, ada yang Manual Wrapping alias kita ambil plastik dan bungkus ke payung kita sendiri, dan Automatic Wrapper yang tinggal taruh payung dan voilaaa! payung uda terbungkus manjyah sempurna tiada tara.
Manual Wrapping.
Penampakan payung yang sudah “dibungkus”.
 
Automatic Wrapper.
step by step Automatic Wrapper.
 
Umumnya, jenis yang satu ini juga dilengkapi dengan tempat sampah yang menempel, untuk membuang bekas plastik yang sudah tidak terpakai setelah kita keluar toko/bangunan. Jadi, teteup ya, ga boleh buang sampah sembarangan. Mereka menciptakan inovasi beserta solusinya untuk lingkungan. Mancappp betull.
 
3. Kasa no Shizuku tori (perontok air pada payung, mengurangi penggunaan plastik payung basah).
 
Payung digoyang-goyang di dalam alat yg dinding kanan kirinya terbuat dari bahan microfiber dengan daya serap super,  sehingga payung jadi kering kembali dan siap untuk dibawa memasuki ruangan tanpa memerlukan bantuan plastik payung lagi deh!. Ini bener-bener super canggih.
diambil dari amazon dot jp
 
 
4. Kasa holder (“penahan” payung).
 
Saya bingung harus ngasih predikat apa ke inovasi satu ini,  udah bukan canggih lagi ini sih. Jadi kalau kamu adalah salah satu dari sekian juta orang yang kadang malas pegangin payung karena harus bawa belanjaan, harus naik sepeda, harus naik kursi roda, lagi dorong stroller, atau hanya pingin duduk-duduk di luar menikmati hujan. Dah, wagelaseh, ini adalah alat yang bisa “dilekatkan” ke hampir semua perabot kamu, dan taraaaa~ kamu siap menenteng payung favorit  dan menikmati rintik hujan, tanpa mengganggu aktivitas kamu. 

 

diambil dari amazon dot jp
diambil dari amazon dot jp
Masih siap membaca inovasi lainnya? Haha~
saya ucapkan selamat dan terima kasih karena sudah berkenan membaca sampai di titik ini. Penasaran kann? Kan ? kan? xD
 
5. Windproof Automatic Umbrella (Payung otomatis, juga anti angin)
Panjang uga ya namanya xD. 

Ini juga “perabot” yang menurut saya, aneh dan out of the box.  Payung ini adalah payung otomatis, yang -anti buka payung macet Club-, tinggal pijet (pijet? xD) tombolnya dan payung lebar cukup untuk dua orang akan membuka dengan sempurna. Dilengkapi dengan kelebihan anti angin, anti air, bahkan anti sinar UV di kala panas, emmbuat payung ini sebagai pilihan di musim apapun. Selain itu, payung ini juga di desain agar dapat dilipat menjadi kecil dan compact, dan super ringan, jadi bisa dibawa kemana-mana tanpa khawatir berat dan memakan banyak tempat. Mantep kan?.

diambil dari amazon dot jp
 
6. Baby Car/ Stroller Cover (Jas Hujan untuk Kereta Bayi).
 
Ini salah satu barang wajib, harus punya dan tidak bisa ditawar lagi oleh Ibu-Ibu di sini. Seperti yang kita tahu, bahwa Ibu Jepang terkenal dengan kemandiriannya. 
Ga usah heran kalau kamu pernah lihat seorang Ibu muda dengan dua balita, satu digendong dan satu di stroller. Plus bawa sekarung beras, beserta tas kerjanya, tas anaknya, sepatu, baju ganti, sayur mayur, sekresek peralatan main pasir, endebre endebre. Semua itu ada di Jepang, setiap hari mereka melakukannya sendiri, tanpa bantuan suami. Dan itu juga berlaku pada peran Ayah di sini (ketika sang Ibu mungkin sedang ada urusan lain), dengan peralatan tempur dan gendongan plek seperti di atas. 
Naik turun pusat perbelanjaan, taman bermain, dan berlarian di rush hour. Masya Alloh Tabarakallohu. 
 
diambil dari amazon dot jp
 
Nah, hujan bukan berarti akan menghentikan aktivitas mereka dong. Dengan adanya bantuan alat ini, sangat membantu pekerjaan dan rutinitas mereka. Meskipun bukan alat keluaran Doraemon, barang sederhana ini punya peran cukup besar demi kemudahan aktivitas para Mamah Papah. 

 

diambil dari amazon dot jp
Modelnya pun macam-macam, dari model clear/transparan, berwarna, model bermotif kartun yang shoo kyuut, bukaan “jendela” depan, bukaan “pintu” depan, untuk model single (bukan “single” lagu atau “single” lajang loh ya!), double, dan yang paling digemari adalah model all in one, yaitu satu model untuk berbagai macam tipe stroller. 
Menurut saya, ini penemuan yang cukup unik. Hehe~
 
Dan, terakhir adalah,,,
 
7. Shoe/Boots Dryer (Pengering Sepatu).
Siapa yang musim ujan sepatunya ga basah?
kalau saya sih engga? Iyalah, wong sepatunya dimasukkan kantong kresek xD

Jadi pembuat inovasi ini kayak tahu banget salah satu derita umat di musim hujan, yaitu sepatu basah dan bau aromaterasi T_T Plus, kemunculan sinar matahari yang tidak tentu. Lengkap sudah.

diambil dari amazon dot jp
Jadi, seperti namanya, peruntukkan dari “perabot” ini adalah untuk mengeringkan, membersihkan bahkan men-sterilkan sepatu, berbahan hampir apapun. Sepatu kain, kulit, boots, bisa semua. Dan canggihnya, ada yang hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit aja dan sepatu basah jadi kering dan siap pakai lagi. Ngeselin banget kan ya T_T
 
Yang sebelah kanan itu bacanya agak ngeselin ya, masak barang gitu dia namain “Traditional” -..-“.
Yah kalau tradisional mah dikipasin aja pake kipas sate.
diambil dari amazon dot jp
 
Padahal kalau kita jemur sepatu di bawah terik matahari aja bisa memakan waktu seharian. 
Beberapa varian juga dilengkapi sistem otomatis yang bisa off sendiri ketika sepatu dirasa sudah kering, sementara si empunya sedang ketiduran atau lupa matiin alat ini. Wah ini sih idaman semua orang yang kadang kalo lagi enak-enak instagram-an bisa lupa matiin atau nyabut colokan listrik haha #selfreminder xD

Ini beneran super duper Canggih atau apalah namanya. Kayaknya bakal masuk wishlist uwe buat disetorin ke Pak Suami nih xD

diambil dari amazon dot jp
 
By the way, jika dikaji sedikit lebih dalam, 
mungkinkah perangkat dan alat-alat canggih itu akan muncul jika tanpa izin dan fenomena alam yang diciptakan Tuhan?
Adanya serbuan milyaran informasi dan tekhnologi hingga hari ini, harusnya membuat kita berfikir. 
Bahwa segala nikmat yang ada ini adalah ujian sekaligus pilihan bagi orang yang beriman, untuk bisa bersyukur dan meyakini akan kuasa-Nya, bukan malah mengingkari nikmat-Nya. Naudzubillahmindzalik.
 
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Alloh turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh terdapat tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Alloh) bagi kaum yang memikirkan”. QS Al Baqarah ayat 164.
 
wallpapermaiden dot com
 
 
Jadi itu beberapa Perabot “aneh” yang saya temukan selama musim hujan di sini. Gimana menurut teman-teman? Beneran aneh atau saya yang mengada-ada? xD

23 Replies to “Perabot “Aneh” tiap musim hujan di Jepang.”

  1. Keren sekali inovasinya, Mbak. Kayaknya tukang sayur deket rumah harus punya deh tuh tempat parkir payung.. Kwkwk.. Soalnya suka ribet mau taruh payung di mana pas belanja..hihi

  2. keren nih ide-idenya, dari tempat payung sampai pengeringnya. Di Indonesia mana ada. Kalau pun ada juga jarang banget ada yang pakai. Saya tuh naksir berat sama pengering sepatunya. Keren tuh. Macem hair dryer gitu ya, tapi buat sepatu.

  3. Perabot aneh yang kereeen banget. Di sini, kalau hujan mah identik dengan alat seperti payung dan jas hujan saja tapi kalau di Jepang, luar biasaaa banget bisa memunculkan banyak alat-alat canggih seperti yang Mbak sebutkan di atas. Takjub banget deh liatnya.. di Indonesia sudah ada alat yang kayak gitu belum ya? Hehe

    1. hehe masya Alloh ya mbak. hmm,, mgkin beberapa sdh tersedia di Indonesia,hehe. terima kasih kunjunganny mb ^^

  4. Aku seneng mampir kesini, mba Vidya. Aku punyanya payung lipet kalo dipencet bisa buka trs dipencet lagi menutup. Tapi ngerapiin n ngiketnya msh manual haaaa.. Beli di Malang 62.500?

    1. mbak Dyah, terima kasih bnyak, mbak. saya juga seneng bgt dikomenin mb Dyah <3 hehe. wah, samaaa mbak, payung saya juga yg begituuu xD

    1. barang yg made in Japan trkenal sll detil y mb.hehe~ betul2 kok mbak. hhe terima kasih kunjunganny mb ^^

Bagaimana tanggapanmu? Mari berbagi ^_^