Lemari-lemari lucu ini ternyata isinya SAMPAH !!!

Lemari-lemari lucu ini ternyata isinya SAMPAH !!!

“bukan untuk menyimpan buku atau baju, kamu akan kaget ketika tahu fungsi utama dari lemari-lemari ini.”

 
Banyak artikel dan lembar media cetak memuji kebersihan negara Jepang dengan “kemewahan” pengolahan sampahnya. Pembahasan tentang pemilahan sampah di negara “Oshin” ini seperti sudah di luar kepala.(Atau adakah yang masih ingin tahu proses pemilahan sampah masyarakat Jepang?. tolong kasih tahu saya lewat kolom komentar ya! ^^).
Namun adakah yang sudah pernah melihat “wujud” tempat sampah yang “tidak biasa” di negara yang terkenal dengan inovasi nomor wahid ini?. 
Pertama kali saya melihat jenis kotak sampah ini, di rumah salah seorang teman. Ketika hendak membuang bungkus permen, saya berputar-putar di area dapur demi mencari tempat sampah. 
“Vid, lagi ngapain?”
“nyari tempat sampah…”
“lah, di belakang kamu persis itu kan tempat sampah”
ketika saya tengok, wujudnya bukan kotak sampah seperti di rumah saya, tapi LEMARI gaes!!. Sungguh rapi, cantik dan artistik!.
Masyarakat Jepang memang terkenal dengan kelebihannya yang sangat detail ketika menciptakan sesuatu. Semua harus sempurna menurut versi mereka. Baik dari segi kemasan, tampilan, kepraktisan, kemudahan, bahkan efek dan limbah yang ditimbulkan dari sebuah produk pun seringkali tidak luput dari perhitungan mereka. Seperti deretan lemari cantik ini, bukan untuk menyimpan buku atau baju, kamu akan kaget ketika tahu fungsi utama dari lemari-lemari ini.

Baca Juga: 

Jidouhanbaiki : Si Kotak Ajaib dodol sembarang kalir

Mamachari, potret kemajuan dan kesederhanaan Negara Jepang.

Pecinta dapur mana yang tak punya tempat sampah di dekat area cuci piring?. Rata-rata pasti punya. Praktis banget gitu kan, pas abis kupas-kupas buah, cuci di sink, trus plung!..buang sampahnya ke sampah yang ada di sebelah. Konon, dapur yang sehat dan bersih adalah dapur yang memiliki tempat sampah “terdekat” xD. Bisa dibayangkan jika tempat sampahnya berjarak 5 meter dari tempat kita masak dan kupas-kupas, wah,,,itu kotoran hampir bisa dipastikan akan pasti kemecer  menghiasi di lantai, belum lagi bau nya yang akan dengan cepat menguasai ruangan. Iyuwhhh..

Nah, tempat sampah jenis ini bisa banget membantu pekerjaan kamu di dapur, plus terlihat lebih estetik, indah dipandang, dan akan mengelabui temu kamu ketika bertandang ke rumah.

Praktis banget, setelah isah-isah/cuci piring, kotoran bisa langsung plung!.. ke sebelah. bisa diisi dengan tiga jenis sampah yang berbeda pula!.
Gambar diambil dari rakuten dot jp.
Bisa ditambahkan stiker agar tidak membantu memilah sampah dengan benar.
ga keliatan kan kalau iniadalah tempat sampah. hehe~Di dalam tiap box, jangan lupa untuk menaruh plastik sampah ya, supaya kebersihan box tetap terjaga.
cecile dot co dot jp.
Cara membukanya, selain bisa ditarik dari sisi depan, sampah jenis ini juga bisa dibuka dari bagian atas loh. Canggih ya!
cecile dot co dot jp.

Sedikit bergeser dari area sink, tidak ada salahnya meletakkan sampah di sebelah mesin pendingin/ kulkas. Ihh,,ntar kesannya kotor dan jijik dong? Engga dong kalau modelnya seperti ini.







3. Tempat sampah cantik di luar dapur.
Masak iya tempat sampah hanya ada di dapur aja, ruangan lain perlu tempat sampah juga dong supaya kalau mau buang sampah engga perlu lari marathon ke dapur dulu, yakann.
Nah, lemari-lemari ini cocok banget buat ditaruh di ruang tamu, ruang kerja/ kantor, lounge, ruang keluarga, bahkan area kamar tidur kamu loh. Desainnya yang unik, mewah namun minimalis, bikin tempat sampah ini susah dikenali sebagai tempat sampah. Malah, terlalu bagus gak sih buat jadi tempat sampah xD.
Kan, lucu-lucukan bentuknya, bikin gak nyangka kan kalau isinya adalah SAMPAH!!!. hihi
pingin gak? pingin gak? xD Saya juga pingin. hehe~
Hadirnya inovasi dalam tempat pembuangan sampah di atas, tidak lain adalah untuk pemenuhan kepraktisan, kebersihan dan keindahan benda yang selama ini sering dilihat “kurang berharga”. Siapa sih yang menjadikan “tempat sampah” menjadi barang favorit? hehe hampir tidak ada kan. Meskipun kalau model tempat sampah nya sepeti ini, bisa jadi akan ada yang mem-favoritkan. 😀
Yang terpenting, terlepas dari kecanggihan inovasi-inovasi di atas, salah satu pesan yang bisa kita ambil adalah, bagaimana kita menjaga barang-barang kita, sekalipun itu hanya tempat sampah, menjadi bersih dan sedap dipandang. Jadi meskipun tempat sampah, harus sesering mungkin dicek, dibersihkan dan dirawat. Perlakukan ia seperti keadaan dia pertama kali datang ke rumah mu.

Karena, menurut pengetahuan awam saya, kebiasaan baik rata-rata masyarakat Jepang tuh (ingat! kebiasaan baik ya^^), kalau punya benda sangat ati-ati banget merawatnya, gimana caranya dibikin semengkilap mungkin seperti pertama kali ia bertemu benda itu.

Bonus,

Tempat sampah untuk ngupi-ngupi syantik. Hmm, Jepang tuh ya … >w<


Jadi, masih kepingin tempat sampah “Lemari” di atas? paling suka yang mana?. Semoga ada rezeki untuk wishlist satu ini yah! ^_^



15 Replies to “Lemari-lemari lucu ini ternyata isinya SAMPAH !!!”

  1. Tapi ndak semua orang Jepang bersih juga sih..h3. Artikelnya kece.

    Di rumah tempat sampah organik ada di sebelah tempat cuci piring, ga sampai 5 meter jaraknya, hihihihi.

    Tempat sampah botol ada dibawah tempat cuci piring. Dalam waktu dekat kami akan belajar membuat ecobrick.

    Masih pelan-pelan belajarnya….dan iya lemari ternayat paling banyak menyimpan sampah jkarena jarang terlihat. Begitu juga dengan lemari pakaian.

  2. super mantep kak Dee. ilmu dr rantau diaplikasikan ke negeri trcinta y kak. semoga saya bsok2 jg bs kayak kak Dee ❤️
    saya malah salut pada keluarga di Indonesia dan mau memilah2 sampah. tantangan dan kendalanya lbh banyak drpada yg di sini, yg uda difasilitasi semua-muanya.??? maturnuwun sangettt kak Dee ?

  3. Wah, harus rajin membersihkan tempat sampahnya dong ya. (Untung saya tinggal di Indonesia, gampang. Nggak punya tempat sampah di rumah, punyanya kantong plastik. Begitu penuh, langsung buang.)

Bagaimana tanggapanmu? Mari berbagi ^_^