Mengintip gaya Apartemen di Jepang ( Japan Apartment Tour)

Mengintip gaya Apartemen di Jepang ( Japan Apartment Tour)

Pertama kali saya diberitahu suami bahwa kami akan tinggal di sebuah apartemen, bayangan saya langsung tertuju ke apartemen mewah seperti di bilangan Jakarta, yang terdiri dari puluhan tingkat, lengkap dengan kolam renang dan shopping mall di dalamnya. Faktanya? Tentu saja berbeda Shizuka~

Tulisan ini terinspirasi dari sodara-sodara tercinta di tanah air yang ingin sekali berkunjung dan melihat isi kontrakan kami. Akhirnya, this is it! Selamat melihat-lihat dan mampir di rumah virtual kami hehe~xD

Kota-kota besar di Jepang umumnya banyak dihiasi oleh bangunan tinggi menjulang yang dihuni oleh beberapa kepala keluarga di dalamnya, secara umum kami menyebutnya Apato, Mansion dan Danchi.

Baca Juga: Mamachari, potret kemajuan dan kesederhanaan Negara Jepang.
Banjir Sakura di Supermarket Jepang
 

Sebelum beranjak ke Japan Apartment Tour, berikut penjelasan dari tiga bangunan di atas.

Apato (baca: apaato アパート) adalah penyebutan bangunan di Jepang, yang umumnya terdiri dari dua lantai, dan terdapat beberapa unit untuk disewakan. Apato berasal dari bahasa Inggris yaitu Apartment. Umumnya Apato berkerangka besi dan kayu, temboknya cenderung tidak terlalu tebal, jadi bisa saja suara-suara musik, TV bahkan suara menutup pintu yang terlalu keras akan bisa terdengar sampai ke tetangga di ruang sebelah. Dan biasanya, suara ini adalah hal sensitif di negeri yang menjunjung tinggi ketenangan ini, jadi jika memilih menyewa Apato di Jepang, jangan sampai ribut sama tetangga hanya karna suara-suara yang berlebihan yaa.

Gambar diambil dari sini.

Selain Apato, adapula Mansion (baca: Manshonマンション) dan Danchi (団長). Mansion adalah bangunan bersusun yang juga mirip seperti Apato/ Apartemen. Bedanya, Mansion umumnya memiliki lantai lebih tinggi dan banyak dari Apato, selain itu, tembok dan kerangka Mansion dibuat lebih kuat dan tebal dari Apato, sehingga lebih kedap suara dan lebih tahan goncangan ketika gempa daripada bangunan Apato.

Gambar diambil dari sini.

Sedangkan Danchi, adalah bangunan tempat tinggal yang dibuat ber-blok-blok dan memiliki sangat banyak kamar, bahkan hingga ratusan unit di dalamnya yang bisa disewa. Danchi terjalin atas program Pemerintah, untuk penyewaan tempat yang bersubsidi dan relatif lebih murah dari Apato/Apartemen dan Mansion. Namun, seringkali lokasi Danchi ini cukup jauh dari stasiun dan pusat kota. 

Gambar diambil dari

Nah, karena sekarang sudah tahu bedanya Apato, Mansion dan Danchi,  untuk lebih memudahkan kita pada Japan Apartment Tour kali ini, maka pada pembahasan selanjutnya,   ketiga bangunan di atas akan diwakilkan dengan kata Apato saja ya ^_^

Ketika hendak menyewa unit disalah satu pilihan di atas, pastikan mengerti tentang “term” yang digunakan di Jepang tentang penyebutan keterangan ruangannya.

Beberapa diantaranya adalah R, DK, dan LDK.

R : digunakan untuk merujuk unit yang memiliki satu ruang besar, kitchen, dan kamar mandi beserta toilet.Biasanya tipe seperti ini digunakan untuk ruangan studio, dan tidak ada sekat antara ruang utama dengan dapur.

DK: Tipe unit yang menyediakan Kitchen dan Diningroom secara terpisah dan lebih luas dari type R.

LDK: LDK adalah singkatan dari Living Dining and Kitchen. Yaitu ruang tamu dan ruang makan yang terpisah dengan dapur. Bedanya dengan 1LDK, 1 adalah sign untuk 1 kamar, ini berarti bahwa ada tambahan satu ruang yang bisa digunakan untuk kamar tidur utama. 

Gambar diambil dari sini.

Dari beberapa jenis unit berbeda di atas, umumnya Apato di Jepang memiliki persamaan pada beberapa hal di bawah ini. Persamaan inilah yang merupakan ciri khas dari bangunan Apato/Apartemen asli Jepang. Antara lain:

A. Genkan

Japan Apartment Tour kita kali ini dimulai dari Genkan! 

Genkan (baca: geng-kang げんかん) berarti area setelah pintu masuk utama, terdiri dari bagian yang lebih rendah (tatakiたたき), dan juga bagian yang lebih tinggi yang berarti batas untuk melepas alas kaki.

Gambar diambil dari sini.

Setelah itu, alas kaki bisa disimpan dalam getabako 下駄箱 (rak alas kaki) yang terdapat di samping. Setelah melepas sepatu, kaki diharapkan tidak menginjak area tataki lagi, agar kotoran pada tataki tidak menempel pada kaki dan terbawa masuk ke rumah.

Gambar dari sini.
Gambar dari sini.

Ketika di dalam rumahpun, umumnya orang Jepang mengenakan alas kaki dalam rumah atau slipper, dalam bahasa Jepang disebut sebagai uwabaki (上履き).

Sementara itu, bagian belakang pintu seringkali dimanfaatkan sebagai key terminal atau tempat parkir nya kunci-kunci yang mungkin akan dibutuhkan sebelum keluar rumah.

 

Gambar diambil dari sini.

 

B. Kamar Mandi dan Toilet.

Setelah masuk, umumnya kita akan disambut oleh Kamar Mandi, Toilet dan Wastafel untuk membasuh dan membersihkan diri. Hampir semua Apato di Jepang memiliki model kamar mandi dengan shower dan bathtub, dan beberapa diantaranya juga ada yang menggabungkan kamar mandi, dengan toilet, dan wastafel.

Gambar diambil dari sini.
Gambar diambil dari sini.
Powdery Room atau Wastafel.Gambar diambil dari sini.
Baca juga: Perabot “Aneh” tiap musim hujan di Jepang.
Lemari-lemari lucu ini ternyata isinya SAMPAH !!!

 

C. Dapur.

Jika dapur di Indonesia identik dengan daerah yang ada di belakang rumah, maka tidak untuk di Jepang. Dapur dan Kamar Mandi adalah hal yang wajib ada di bagian depan rumah setelah pintu masuk/ genkan.

Dapur di Jepang umumnya sudah dirakit dan dijual dalam satu set, terdiri atas sink, tempat kompor, lemari penyimpanan bawah sink dan bagian atas.

Gambar diambil dari sini.

Karena efisiensi space Apato di kota besar yang umumnya tidak terlalu luas, area dapur bisa juga digabung dengan area tempat makan dan juga living room.

D. Kamar Utama.

Gambar darisini.

Kamar utama di sini, maksudnya adalah kamar yang terdapat sekat atau pembatas dengan bagian dapur dan living room. Kamar di Apato Jepang terbagi pada dua jenis, yang pertama adalah western style. Model kamar ini umumnya beralaskan lantai kayu dengan sentuhan yang minimalis.

 

Gambar dari sini.

Japan Apartment Tour akan terasa kurang lengkap tanpa ruangan beralaskan tikar anyaman tradisional Jepang yang disebut Tatami. Nah jenis kamar yang kedua inilah yang menjadi favorit saya, yaitu yang bergaya Jepang, dengan alas tatami yang Jepang banget! Tatami adalah tikar ala Jepang yang terbuat dari anyaman Jerami. Karena terbuat dari bahan alami, tatami pun menawarkan keharuman yang khas banget! Tatami merupakan benda tradisional Jepang jaman dulu yang masih dipertahankan pemakaiannya hingga saat ini. Tatami ini sangat unik, pada musim dingin, dia membuat nyaman dan hangat. Tapi di musim panas, dia bisa menimbulkan kesan adem! 

Meskipun begitu, untuk satu petak tatami, bisa terjual seharga satu juta rupiah loh!

Gambar dari sini.

Ngobrolin soal kamar di Jepang, ga bisa lepas dengan lemari ala Jepang, yaitu Oshiire (押し入れ). Pasti teman-teman uda ga asing lagi, itu tuu… seperti tempat tidurnya Doraemon. hehe

Gambar diambil darisini.
Gambar diambil dari sini.

Lemari ini sebenarnya untuk mempermudah menyimpan kembali kasur dan selimut setelah kita gunakan, jadi ruangan kamar akan terasa semakin luas dan bisa digunakan untuk keperluan lain, main dakon misalnya :3

Namun, tidak sedikit pula ditemukan berbagai variasi penataan dan penyimpanan Oshiire. Selain Oshiire, ada pula lemari built-in modern yang sekarangpun banyak digunakan di apato-apato modern di Jepang.

E. Beranda.

Meskipun sempit dan seuprit, keberadaan beranda atau balkon ini penting banget bagi masyarakat Jepang. Dari balkon , kita bisa gunakan untuk menjemur pakaian, menikmati indahnya pemandangan kota, duduk-duduk santai sambil nyeruput minuman favorit, hingga berkebun.

Beberapa gambar kreatif sering saya temukan di pinterest tentang betapa kerennya masyarakat menyulap beranda kecilnya menjadi tempat yang cozy dan menyenangkan. Tertarik?

Gimana, seru banget kan Japan Apartment Tour kita kali ini. Kira-kira nih, bagian mana dari Apato Jepang di atas yang kamu suka dan pingin diterapin di rumah pribadi kamu?

Baca Juga: Jidouhanbaiki : Si Kotak Ajaib dodol sembarang kalir

Yuk kasih tahu kita di kolom komentar ya ^_^

Jika ada kritik, saran, atau ulasan untuk artikel selanjutnya, jangan sungkan beritahu saya di kolom komentar di bawah atau email di vidyayupi@gmail.com, instagram: @vidyagatari .

Terima kasih!

 

Sumber:

Suumo.jp

realestate

Expats Guide

Gaijin Pot

Nippon.com

Asahi

64 Replies to “Mengintip gaya Apartemen di Jepang ( Japan Apartment Tour)”

    1. hhe masya Alloh mb, kecil
      namun nyaman y mb. sy jg msh belajar bikin hunian sprti itu ? ? makasi bnyakk mb

  1. Semuanyaaaa hahahahaha.. aku memang ada plan mau renov rumah mba. Dan dari dulu selalu sukaaaa banget Ama design apato jepang. Waktu adekku msh di Jepang, dia tinggal di apato begini. Aku pernah nginep di rumahnya. Sukaaa deh Ama designnya. Kamar tidur 2, ada ruang tamu, kitchen, kamar mandi dan toilet dipisah. Aku sampe bilang ke suami kita bikin ruangannya model beginj

    Dan aku tuh pengeeen bnaget mba kasurnya model tatami. Jdkan enak yaa bisa dilipat LG. Bikin ruangan LBH luas. Krn rumahku kecil sbnrnya. Dgn pakai tatami gini jd bisa berasa agak lega .

    1. hehe iy kaka, apato Jepang wlopun kecil tp ttp terasa cukup luas y kak. diakali dg barang yg seminim mgkin.?

      semangatt renovasi rumahny kak❣️?

  2. Aaa lucu2 bgt. Mau diterapin semuanya di rumahku kecuali tempat tidurnya doraemon sm nobita.. Hhh
    Dapurnya mantap sih desainnya, trus toilet sm wastafelnya lucu. Minimalis semua

    1. umumny model Apato bgini yg mnerapkn minimalis kak. krn mmg spaceny amat terbatas ^^ mgkn kl rumah, bs lbh luas. terima kasih sdh berkenan menanggapi y kak 🌹😻

  3. lucu2 ya… kalau di apato yang pertama tadi gak boleh bawa anak kecil dong mbak? semoga bisa ke jepang amin… 🙂

    1. smua tipe insya Alloh boleh dg anak kecil kak ^^ Aamiiin kak. terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya, mampir juga di artikel sy lainny y kak😻🌹

  4. MasyaAllah. Jepang adalah salah satu negara impian yang ingin saya kunjungi. Soalnya saya kagum sama kerapian dan kedisiplinannya. Selain itu, juga senang dengan minat bacanya yang luar biasa. Semoga suatu saat nanti bisa ke Jepang dan menikmati menginap di apartemen yang ada kamar model Doraemonnya, aamiin ?

    1. wah masya Alloh. Aamiin kak., terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya, mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

  5. Wah unik sekali ya Mbak, jadi ingat film kartun sewaktu kecil dulu, sempat punya cita-cita pengen ngedesain rumah ala jepang gini karena nggak tau kenapa kesannya tuh simpel, rapi, dan hangat. Aku juga baru tau kalo dapur dan kamar mandi itu didepan ya posisinya, kalo di Indonesia kan dibelakang. Makasih infonya Mbak, bermanfaat sekali.

    1. alhmdllh sami2 kak. smg ada mnfaat dr tulisan saya ✨😻🍃 terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya, mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

    1. alhmdllh smg ada mnfaat dr tulisan saya ✨😻🍃 terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya, mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

  6. Saya suka semuanya mba ., Di Jepang bener2 bersih banget yaa. Ternyata apa yang ada di dalam film Doraemon itu gambaran persis sama kaya kehidupan nyata di Jepang yaa hehee.., aahhh semoga suata saat aku bisa ke Jepang aminnn

    1. Alhmdllh , kebersihan yg kmi nikmati skg mmg akumulasi dr budaya yg sdh ratusan th dipupuk di Jepang kak. smg kita bs mniru yg baik2. ✨😻🍃 terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya, mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

  7. Selalu menarik kalau bicara Jepan, Negara yg sangat maju tapi masih mempertahankan sisi tradisional sehingga ada kesan tersendiri bagi penikmatnya.

    Kota-kita di jepang selalu tampak bersih dan tertata, apakah di sana masih ada daerah kumuh yg mungkin lolos dari sorotan kamera, masih penasaran saya?

    1. betul sekali kak. 🌟 sisi tradisional sll mmbawa kesan masa lampau yg eksotis, namun ditampilkan scara modern oleh masyarakat Jepang.

      mgkn ada kak, tp memang (maaf) standard kumuh tiap negara berbeda y kak. jd tempat kumuhpun mnurut saya ttp trlihat tertata hehe

      terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya, mampir juga di artikel sy lainny ya kak✨🙏🏼

  8. Keren nih, Apato ya namanya? Unik juga jika dapur sama kamar mandi justru di bagian depan, kalau diterapkan di Indonesia cocok nggak ya? He, he. Kamar Nobita boleh juga tuh untuk ditiru, jadi kalau siang bisa dapat ruangan yang lebih luas buat main dakon ^_^

    1. betul kak. secara umum 3 bngunan di atas bs disebut apato, namun scra detil dan fungsi jd berbeda namanya 😉

      cocok bgt kak. kl diperhatikan, hotel 🏨 dan apartemen di Indonesia jg dapur toilet ada di depan kak ☺️

      hhe iy kak, cocok main dakon😉🍃

      terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya, mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

  9. jepang selalu begitu ya kesannya, rapi bersih simple tapi elegan sekali. Adem gitu ngelihatnya. Selalu terlihat hanya barang-barang yang dibutuhkan yang ada di rumah. lapang. Btw bagaimana kabar di Jepang mengenai pandemi Covid 19, mbak. Penanganannya?

    1. alhmdllh masya Alloh tabarakallohu terima kasih kak.

      ttg pnanganan wabah, insya Alloh sy catat dl untuk artikel sy slnjutnya y kak. do’akan sy rajin menulis kak hhe 💕

      smg ada mnfaat dr tulisan saya ✨😻🍃 terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya, mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

  10. Kok aku suka sama semua bagian rumahnya ya. Bersih dan rapi. Paling favorit sih, semodern apa pun rumah di sana, nuansa Jepangnya enggak hilang.

    1. alhmdllh btul skli kak. alhmdllh smg ada mnfaat dr tulisan saya ✨😻🍃 terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya, mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

    1. alhmdllh kak. smg ada mnfaat dr tulisan saya ✨😻🍃 terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya, mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

  11. Waaaah saya speechless baca artikel ini. Saya pengen banget ke Jepang. Sayang belum terealisasi…soon will be. Dan ternyata cara penataan ruangnya bener bener minimalis dan sesuai dengan fungsinya ya mba. Rumah jepang selalu terlihat adeeeem. Mupeng juga sama tataminya.

    1. Aaamiiin kak. alhmdllh smg ada mnfaat dr tulisan saya ✨😻🍃 terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya, mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

    1. alhmdllh smg ada mnfaat dr tulisan saya ✨😻🍃 terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya, mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

  12. Ah Jepang, negara idaman. Suka dengan yg berbau Jepang. Unik juga ya Mbak Gaya apartemen Di Sana. Sy lihat tanggalnya takut Salah melangkah nnt keseleo, gawat euy.

    1. alhmdllh smg suka jg dg ulasan2 saya y kak 😉
      smg ada mnfaat dr tulisan saya ✨😻🍃 terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya, mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

  13. Rapi banget apartemen di Jepang, ya. Meski tampak minimalis, saya suka. Suka sama bangunan dengan nuansa kayu, kesannya tampak klasik. Pengen banget suatu saat ke Jepang dan main ke Mbak Vidya.

    1. Masya Alloh tabarakallohu kbar2 kl ke Jepang y kak. ⭐️smg ada mnfaat dr tulisan saya ✨😻🍃 terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya, mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

  14. Aku suka konsep kamar tidur Jepang. Ruangannya sederhana namun kesan tradisionalnya dapat banget. Bahkan diCikarang ada perumahan dengan konsep Jepang banget. Dari bentuk bangunannya, hingga bagian dalamnya. Tapi sayangnya harganha mahal bingit sampai 2M.

    1. waw iyakah kak? 😂 menarik nih. boleh tau nama perumahanny kak Erin? 😍🍃
      terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya, mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

  15. Apaato, apartemen jepang udah jadi my dream concept kalau udah punya rumah sendiri mba hehe. Paling bikin mupeng itu bidet wc nya, otomatis tinggal pencet-pencet ajaa. Sama pengen nerapin konsep Mud Room tapi nggak pakai Gekkan kali ya, minimal ada space atau rak khusu buat barang dari luar. Semoga kesampaian one day ya, aamiin.

    1. wah iy kak, bidet spertiny sdh jd ciri khas Jepang y kak 😻Mud room sprtinya mmg dibutuhkn apalagi jika wabah sperti ini y kak, barang blnjaan bs di drop dl di sana u/dibersihkn sblm msuk rumah.

      Aamiiin kak ^^ smg diijabah Alloh. smg ada mnfaat dr tulisan saya ✨😻🍃 terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya, mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

  16. ah. ya! aku sering banget lihat di komik jepang. ada macem-macem tempat tinggal yang aku lihat, ternyata ada tiga macam apato.. pantes waktu baca tuh tokoh-tokoh komik tinggal di apato tapi kok bentuk nya beda-beda… Danchi kalau di indonesia mirip rusun gitu ya…

    1. wah pnggemar komik jg y kak ^^
      btul kak, mgkn mirip sprti rusun 🏢

      smg ada mnfaat dr tulisan saya ✨😻🍃 terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya, kl kk suka ttg info Jejepangan, mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

    1. alhmdllh sami2 kak. smg ada mnfaat dr tulisan saya ✨😻🍃 terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya. Jika suka ttg info Jejepangan,mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

    1. alhmdllh sami2 kak. smg ada mnfaat dr tulisan saya ✨😻🍃 terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya. Jika suka ttg info Jejepangan,mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

    1. iya mirip sprti rusun🏢 kak ^^
      alhmdllh smg ada mnfaat dr tulisan saya ✨😻🍃 terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya. Jika suka ttg info Jejepangan,mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

  17. Maaf Mbak diriku baru berkunjung. Suka sekali dengan ulasannya tentang apaato di Jepang. Lengkap ulasannya jadi nambah wawasan juga buat saya setelah baca postingan ini.

    Dan emang nggak seperti yang ada dalam bayangan saya. Ya saya kira apartemennya mirip di Indonesia sini ternyata nggak eh tapi menarik juga sih. Ruangan kecil bisa disulap jadi cantik dan rapi gitu. Keren deh.

    1. no problems kak 😻senang skali sdh brkenan kemari.
      alhmdllh smg ada mnfaat dr tulisan saya ✨😻🍃 terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya. Jika suka ttg info Jejepangan,mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

    1. alhmdllh smg ada mnfaat dr tulisan saya ✨😻🍃 terima kasih sdh brkenan mngunjungi blog saya. Jika suka ttg info Jejepangan,mampir juga di artikel sy lainny ya kak😻🌹

  18. ternyata ada macam macam istilah huniannya ya,
    kalo ngomongin jepang, udah pasti semua unit rumah kayaknya bersih terus, dan membuat inovasi perkakas yang simple. jadi makin hemat tempat juga

    1. Betul kak. Karena lahan trrbatas jd harus cermat memilih perabot biat cukup semua 😅 Terima kasih sdh menyempatkan berkunjung dan mmberi komentar di sini y kak 😍✨🌹sehat2 sll.

Bagaimana tanggapanmu? Mari berbagi ^_^