Sebuah Catatan Dini Hari

Sebuah Catatan Dini Hari

Okey, ini sudah bulan November dan pandemi di negeri Sakura ini tengah menghadapi third wave nya T_T Sedih? Tentu saja, semua manusia pasti sedikit banyak diuji kesedihan pada zaman ini. Sungguh hanya Alloh-lah Yang Maha Mengetahui apa rahasia dibalik pandemi ini, dan kepada-Nya lah satu-satunya tempat bergantung.

Adanya pandemi ini sangat memporak-porandakan segala rencana manusia. Ya, rencana manusia. Tak terkecuali yang berhubungan dengan ekonomi dunia, termasuk di negara Jepang. Pemerintah pun berpikir keras tentang beberapa langkah menaikkan roda ekonomi masyarakat Jepang.

Seriously, awalnya saya tak pernah mengira bahwa salah satu restoran fastfood dekat rumah kami tiba-tiba menurunkan placard-nya dan menempelkan selebaran yang menuliskan,

“Terima kasih atas kebaikan semua pelanggan selama ini. Dengan sedih, kami menyampaikan bahwa toko ini akan tutup pada pekan depan.”

hah?

TUTUP?!!

Ya, Tutup dan tak akan buka lagi T_T

Kamipun harus mengucapkan selamat tinggal pada salah satu cabang dari restoran Jepang yang menyuguhkan kudapan ramah Muslim tersebut. Jujur, saya punya banya cerita di restoran tersebut. Dari pertama kali ketika hamil, ketika ada tetangga pulang ke Indonesia, hingga menghabiskan waktu mengobrol dengan ibu-ibu sesama WNI dan juga tempat ngadem favorit ketika musim panas #uhuk.

Beberapa kali si kecil yang baru balita inipun mengajak untuk membeli kudapan favoritnya di sana. Meskipun sudah kami jelaskan bahwa restoran itu sudah tutup dan tak buka lagi, si kecil dengan pemikiran polosnya tetap kekeuh.

“Oh, sekarang tutup. Nggak papa, mungkin besok buka lagi ya, Bu”

T____T

Belum habis rasa sedih saya karena restoran favorit keluarga itu tutup, tiba-tiba dalam waktu beberapa pekan, saya melihat toko-toko di dekat stasiun rumah saya juga sudah terlihat tak ada aktivitas. Saya mendekat mencoba mengamati tulisan yang ditempel di rolling door berwarna kusam, berharap tulisan itu akan mengatakan “sedang renovasi”.

Namun saya salah.

Kertas putih yang dihiasi dengan gambar bunga sakura berwarna pink pucat itu terbaca kalimat yang menyentak hati saya sekali lagi. 

“Terima kasih banyak selama ini telah datang dan berbelanja di toko kami. Kami mohon maaf apabila ada pelayanan yang kurang sesuai. Dengan ini, kami ingin menyampaikan bahwa terhitung pada tanggal 10 Oktober 2020, toko ini akan tutup. Mohon kunjungi cabang toko kami lainnya ya. Terima kasih banyak.

Salam Hangat. Toko N”

Wow! Terkejut dan sedih saya membacanya ketika itu. Baru kali ini saya merasa sesedih ini. Karena kejadian tutupnya toko-toko itu, datang seperti berurutan T_T Sungguh sedih. Semoga para pegawai dan owner toko yang terpaksa harus menutup tempat mencari nafkahnya itu, dikuatkan Tuhan YME untuk melewati semua ini. Aamiin

Sepulang dari sana, dengan mengayuh sepeda Mamachari sambil membonceng si kecil, perlahan saya selipkan do’a kepada semua toko dan pengusaha yang sedang berjuang di tengah pandemi ini. Semoga selalu banyak pelanggan, laris, berkah dan dikuatkan Tuhan melewati cobaan ini. Aamiin

Masa ini memang tidak mudah, tapi ada satu kekuatan besar Yang Maha Mengendalikan semua ini dan kita semua bisa berharap pada-Nya. Ya, hanya kepada-Nya.

Baca juga:
Mamachari, potret kemajuan dan kesederhanaan Negara Jepang.
Lemari-lemari lucu ini ternyata isinya SAMPAH !!!

114 Replies to “Sebuah Catatan Dini Hari”

  1. Sopan banget,restoran tutup masih saja peduli nasib orang lain.
    Bahasanya baik dan benar
    Kerreennn
    Semangat ,lanjut saja nulis,optimis di negeri sakura,ingat selalu berdoa minta petunjuk-Nya ,unk pedoman hidup bahagia,sejahtera selamanya.
    Semoga kedepan akan lebih baik dan sempurna,Aamiin

    1. Nama : Dela Permatasari
      Kelas : XI TAV-1/30

      Bahasa yang di gunakan baik dan benar serta cara penyampaian ceritanya sangat baik, mempunyai makna yang sangat mendalam. Pandemi ini mengajarkan kita untuk meningkatkan rasa kemanusiaan, serta kita harus selalu berdoa agar pandemi segera berakhir!

      thanks:)

  2. cerita nya sangat menarik dan sangat mendalam , bahasa yang digunakan sangat menarik.
    semoga pandemi ini cepat berakhir agar semua berjalan kembali normal
    tetap semangat!!!

    1. Sopan Banget Restorannya
      Bahasa Yang di gunakan Baik dan Sangat menarik Ingat Kepadanya Selalu Meminta petunjuknya untuk pedoman hidup. Semoga Pandemi cepat berakhir agar semua kembali normal agar Restoran tersebut buka kembali😀

  3. Bijak dalam memilih keputusan , karena dalam keadaan pandemi ini kita harus saling menjaga satu sama lain ,
    Bahasa yang lembut membuat pembaca seperti masuk kedalam cerita tsb.
    Semoga Pandemi cepat Berakhir dan kembali menjadi normal.
    Amiin !!!

  4. Sopan Banget Restorannya
    Bahasa Yang di gunakan Baik dan Sangat menarik Ingat Kepadanya Selalu Meminta petunjuknya untuk pedoman hidup. Semoga Pandemi cepat berakhir agar semua kembali normal agar Restoran tersebut buka kembali😀

    Rakha Shaki 11 tpm3 / 17

    1. Bahasa yang digunakan baik dan benar.
      Cara menyampaikan cerita nya sangat menarik.
      Pandemi ini mengajarkan kita untuk meningkatkan rasa kemanusiaan.
      Selalu berdoa agar situasi kembali normal.

      Rifangga Ardiansyah XII TPM 3 / 22

      1. Bahasa yang digunakan baik dan benar.
        Cara menyampaikan cerita nya sangat menarik.
        Pandemi ini mengajarkan kita untuk meningkatkan rasa kemanusiaan.
        Selalu berdoa agar situasi kembali normal.

        Rifangga Ardiansyah XI TPM 3 / 22

  5. Cerita yg sangat menarik untuk di baca dan mempunyai makna yg sangat mendalam semoga pandemi ini cepat selesai dan kembali seperti sedia kala.

  6. Tetap semangat dalam melewati pandemi dan kita harus tabah apapun yang terjadi. Cerita ini bahasanya mudah dipahami dan menarik sehingga seseorang tertarik dengan membaca cerita ini.

    Nama: Mochammad hudha. F
    Kelas: XI Tav 2
    Absen: 26

  7. ceritanya menyentuh hati para pembaca, pemakaian bahasanya juga bagus mudah untuk dipahami, semoga pandemi cepat selesai
    Surya Candra Hidayat TAV3/26

    1. (rizky alkhamza istrio, xi tav 3,19)
      menggambarkan kisah sedih seorang ibu yang sedih karena toko² di dekat nya mulai hilang satu per satu akibat musibah yang di alami umat manusia saat ini. Bersabar dan bertawakkal kepada tuhan yang maha Esa adalah salah satu jalan keluar di dalam musibah ini serta menjaga diri masing-masig

  8. Cerita nya menarik, penggunaan bahasa yang baik sehingga mudah untuk di pahami,semoga bahagia dan sejahtera selalu,Dan semoga pandemi ini cepat berlalu

    Yohannes Rico c XI TAV 3/30

  9. Cerita yang sangat menarik dan bagus p, cerita ini sikap sabar dan pantang menyerah dan selalu bertawakal kepada Allah SWT.
    Semoga pandemi cepat berakhir agar semua resto di buka semua .

    Muhamad Firli Firmansyah,XI TAV 2/31

  10. Cerianya sangat menarik dan bagus,penggunaan bahasanya juga muda di fahami dan pastinya pembaca akan mudah memahami alur cerita tersebut,dan semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT,semoga pandemi ini segera berakhir amiiin

    Nama:Sugik Dwi Prayoga
    Kelas:IX TAV 3
    No Absen:25

  11. Bahasanya mudah di pahami dan ceritanya sangat menarik se olah olah membuat pembaca masuk ke dalam crita tersebut.

    Semoga pandemi ini segera berakhir
    Aamiin!

    M.Rasyid X TAV 3/ 05

    1. Bahasanya mudah di pahami dan ceritanya sangat menarik se olah olah membuat pembaca masuk ke dalam crita tersebut.

      Semoga pandemi ini segera berakhir
      Aamiin!

      M.Rasyid Xl TAV 3/ 05

  12. cerita nya sangat menarik dan sangat mendalam , penggunaan bahasa nya sangat baik sehingga seseorang tertarik dgn membaca cerita ini
    semoga pandemi ini cepat berakhir agar semua berjalan kembali normal
    tetap semangat semangat!!!

  13. Ceritanya sangat menarik, banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari cerita tersebut, dengan kondisi pandemi membuat kita sadar bahwa kita harus selalu berdoa agar kondisi kembali normal seperti sebelumnya.
    bahasa yang digunakan cerita tersebut mudah dipahami dan sangat menarik

    Nama : Raihan Daru Bimantoro
    Kelas. : XI-TPM 3
    No absen : 16

  14. cerita nya menarik bahasa bisa dimengerti mencerminkan arti sebuah kesabaran semoga pandemi ini cepat hialng

    Nama : Rizky Shiroothol Mustaqiim
    Kelas : XI-TAV-3
    No Absen : 20

  15. ceritanya bagus, penggunaan bahasa juga bagus dan mudah dipahami. dan ada baiknya juga saling membantu dikala pandemi seperti sekarang, meskipun hanya bisa membantu dengan doa tapi setidaknya mendoakan dengan ikhlas dan bila mampu membantu lebih itu akan sangat lebih membantu bagi orang yang sedang kesulitan dimasa pandemi ini.

    Nama: Haikal Nandito A
    Kelas :XI-Tpm2
    No absen :15

  16. Bahasa yang digunakan sangat baik dan jelas mudah dipahami.

    Dalam cerita mengajarkan supaya kita terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan saling bantu satu sama lain dimana pun dan kapan pun

    Rangga Alvaro Recoba
    XI TPM 3 / 18

  17. Ceritanya sangat berimajinasi dan mendalam,bahasanya juga sangat menarik.Ceritanya Mencerminkan arti sebuah kesabaran dan peduli lingkungan. Semoga pandemi ini cepat berakhir agar semua berjalan kembali normal.
    Tetap semangat dan selalu berdoa dalam keadaan apapun!!!
    Nama : wisnu wardana
    Kelas : XI-TPM 3
    Absen : 35

  18. Ceritanya sangat berimajinasi dan mendalam,bahasanya juga sangat menarik.Ceritanya Mencerminkan arti sebuah kesabaran dan peduli lingkungan. Semoga pandemi ini cepat berakhir agar semua berjalan kembali normal.
    Tetap semangat dan selalu berdoa dalam keadaan apapun!!!

    Nama : Safril Setya Nugraha
    Kelas : XI-TPM 3
    No. Absen : 26

  19. Ceritanya sangat berimajinasi dan mendalam
    bahasanya yang digunakan bagus dan mudah di pahami,
    Pandemi ini mengajarkan kita untuk meningkatkan rasa kemanusiaan.
    Selalu berdoa agar situasi kembali normal.
    Nama fawwas khabibilah nomer 11 kls tpm 2

  20. Bahasa yang digunakan baik dan benar .Bahasanya mudah dipahami
    Cara menyampaikannya sangat menarik.
    Pandemi ini mengajarkan sifat kemanusiaan
    Kita harus berdoa agar situasi kembali seperti semula

    Nama: M. Hermawan.W
    Kelas:XI-TAV 2
    Absen:25

  21. Ceritanya sangat berimajinasi dan mendalam
    bahasanya yang digunakan bagus dan mudah di pahami,
    Pandemi ini mengajarkan kita untuk meningkatkan rasa kemanusiaan.
    Selalu berdoa agar situasi kembali normal.
    Nama fawwas khabibilah
    nomer 11
    kls XI tpm 2

  22. Wah cerita nya menarik banget. Di kemas dalam bahasa yang cukup baik untuk di baca oleh semua kalangan. Tokoh utama nya juga baik banget udah ngasi doa buat pihak restorannya.

    Febrian Ponco N
    XI TPM 2
    12

  23. Ceritanya sangat berimajinasi dan mendalam,bahasanya juga sangat menarik.Ceritanya Mencerminkan arti sebuah kesabaran dan peduli lingkungan. Semoga pandemi ini cepat berakhir agar semua berjalan kembali normal.
    Tetap semangat dan selalu berdoa dalam keadaan apapun!!!

    Nama : Sahmi Afandi
    Kelas : XI-TPM 3
    No. Absen : 27

  24. Bahasanya mudah di pahami dan ceritanya sangat menarik se olah olah membuat pembaca masuk ke dalam crita tersebut.

    Semoga pandemi ini segera berakhir
    Aamiin!

    Nama: Triyas Hasan Ibrahim
    Kelas : XI – TPM 3/33

  25. Cerita ini menggambar kan semua orang yang sedang berjuang melawan pandemi covid-19 dan cerita ini sangat menarik dan bahasa yang digunakan mudah di pahami,makna cerita tersebut tetap semangat jangan mudah putus asa ,dan tetap peduli sesama

    Nama:M.Satria Rosyid Pratama
    Kelas :XI TPM 3
    Absen:12

  26. Ceritanya sangat bagus, karena mencerminkan hidup kita sekarang, semenjak ada virus ini banyak Perusahaan mulai bangkrut
    dan dalam cerita tsb penggunaan bahasa campuran.

    Semoga pandemi berakhir dengan aman dan banyak orang sudah sembuh dari covid

    Nama: Dimas Damar R
    Kelas : XI-TPM 2/04

  27. Penggunaan Kata Sangat Bagus,saya membaca Tidak ada Kata Tidak Baku Dalam Cerita tersebut

    Semoga Indonesia Lekas Sembuh:)

  28. Penggunaan Kata Sangat Bagus,saya membaca Tidak ada Kata Tidak Baku Dalam Cerita tersebut

    Semoga Indonesia Lekas Sembuh:)

    Nama :Nur Apriansyah
    XI TPM 3/13

  29. Ceritanya sangat bagus, kata kata yang di pakai mudah di pahami dan di mengerti.

    Semoga pandemi cepat berakhir dan semua dapat berjalan dengan normal

    Nama : Muhammad Nizar R
    XI TPM 3/10

  30. Menurut saya cerita tersebut sangat berkesan baik dan bermoral bagi setiap orang yg membacanya.

    Nama: ibnu hafiz maulana XI TAV2/12

  31. Bahasanya mudah sekali dipahami
    Ceritanya menarik
    Semoga pandemi cepat berakhir dan bisa bebas melakukan aktivitas seperti sedia kala aamiin.

    Nama:bayu ahmad riyadi(26)
    Kelas:XI TPM 1

  32. Bahasa nya tepat dan mudah dimengerti, cerita menarik dan berkesan

    Nama: Rahmad Eryk Hidayat
    Kelas: XI-TPM 3 / 15

  33. Ceritanya sangat menarik , semoga pandemi cepat berlalu dan semoga bisa beraktifitas kembali lagi. M. Ali abdillah/03 Xl TPM 3

  34. Menurut saya ceritanya sangat bagus, tidak ada kata tidak baku dalam cerita tersebut dan sangat berkesan.

    Nama: M. Ifan Ansori(08)
    Kelas.:XI TPM 3

  35. Menurutku cerita nya bagus, Kata kata nya juga baku tapi untuk saya pribadi masih kurang menarik

    Nama:Arya Wahyu (22)

    Kelas:XI TPM1

  36. ceritanya bagus, penggunaan bahasa juga bagus dan mudah dipahami.
    Cerita ini menggambar kan semua orang yang sedang berjuang melawan pandemi covid-19. Semoga pandemi cepat berakhir dan bisa bebas melakukan aktivitas seperti sedia kala aamiin.

    Nama:Dimas Riski Pratama
    Kelas : XI TPM 2/05

  37. Bahasanya sangat mudah di pahami dan di mengerti,dan juga cerita yg menarik untuk di baca,dan semoga pandemi ini segera berakhir dan semua kembali normal seperti biasa.

    Nama:Rozi Wiliyanto Effendi (25)
    Kelas:XI-TPM3

  38. Bahasanya sangat mudah di pahami dan di mengerti , pengunaan bahasa bagus dan lisan , ceritanya juga menarik untuk di baca dan di pahami.semoga pandemi ini semoga berkahir dan semua kembali ke seperti semula🙏

    Nama:Andika Maulana
    Absen:17
    Kelas: XITpm 1

  39. Menceritakan kisah seorang wanita yang sedih karena toko² favoritnya satu persatu tutup.kita hanya bisa bersabar dan bertawakkal kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    Ceritanya Menarik dan bahasanya mudah dipahami.

    Rehan Novian XITAV3/15

  40. cerita sangat menarik,bahasa mudah dipahami, dan dapat dipahami semiga pandemi ini cepat berakhir dan beraktivitas secara normal

    Rivan adil effendi X1-TAV 3/17

  41. Bahasa yang digunakan baik dan benar.
    Cara menyampaikan cerita nya sangat menarik.
    Pandemi ini mengajarkan kita untuk meningkatkan rasa kemanusiaan.
    Selalu berdoa agar situasi kembali normal.

  42. Bahasa yang digunakan baik dan benar.
    Cara menyampaikan cerita nya sangat menarik.
    Pandemi ini mengajarkan kita untuk meningkatkan rasa kemanusiaan.
    Selalu berdoa agar situasi kembali normal.

    Elfandio Wahyu Syaputra/02/XI TAV 2

  43. bahasa yang digunakan baik dan benar.bahasa mudah di pahami
    cara menyampaikannya sangat menarik.
    pandemi ini mengajarkan sifat kemanusiaan
    kita harus berdoa agar situasi kembali seperti semula

    Nama:Gamal Abdul Naser Haq
    Kelas:xI TAV 2
    Absen:8

  44. Bahasanya sangat baik dan benar dan mudah di pahami cara menyapaikanya cukup menarik
    Semoga situasi menjadi normal

    Nama:Farrell aksan
    Kelas:XI-TAV2
    Absen:06

  45. Bahasa yang digunakan sangat logis dan memahami cerita dengan seksama.Cara menyampaikan cerita nya sangat menarik.
    Pandemi ini mengajarkan kita untuk meningkatkan rasa kemanusiaan.
    Selalu berdoa agar situasi kembali normal.

    Nama : RIDO WAHYU ROMADHON
    Kelas : 11 TPM 3
    Absen : 21

  46. Bahasa yang di gunakan sangat logis dan ceritanya mudah dipahami semoga pandemi ini cepat Hilang di muka bumi ini dan selalu semangat menjalankan aktivitas tanpa mengeluh apa pun itu
    Fandi Achmad Biagi/04 Xl TAV 2

  47. Menurut saya ceritanya sangat menarik, tidak ada kata tidak baku dalam cerita tersebut dan sangat berkesan.

    Nama: Salman Achmad D.
    Kelas: XI TPM 3 NO28

  48. Bahasa yg digunakan ckp baik dan benar, ceritanya pun sngt menarik untuk dibaca. Pandemi ini mengjrkan kita untk selalu bersyukur dan sabar saat dalam musibah, semoga pandemi ini segera berlalu, agar kegiatan kembali normal. Amin

    Nama:mochamad Rendra fahmiaji
    Kelas:11 tpm 2

  49. bahasa yang digunakan baik dan benar serta cara menyampaikan ceritanya sangat baik.mempunyai makna yang sangat mendalam, pandemi ini mengajarkan kita untuk meningkatkan rasa kemanusiaan,serta kita harus selalu berdoa agar pandemi ini segera berakhir

    NAMA : AGUNG DWI NURCAHYO
    KELAS : XI TAV 1 /8

  50. Semoga pandemi ini segera berakhir dan bisa beraktivitas lagi seperti sedia kala….

    Nama:M Rafli Akbar N
    kelas:XI TPM 2/24

  51. menggambarkan kisah sedih seorang ibu yang sedih karena toko² di dekat nya mulai hilang satu per satu akibat musibah yang di alami umat manusia saat ini. Bersabar dan bertawakkal kepada tuhan yang maha Esa adalah salah satu jalan keluar di dalam musibah ini serta menjaga diri masing-masing

    NAMA: MUHAMMAD HIDAYAH ERWANTO
    KLS: XII TKRO 2
    ABSEN 27

  52. menggambarkan kisah sedih seorang ibu yang sedih karena toko toko yang di dekat nya mulai hilang satu per satu akibat musibah yang di alami umat manusia saat ini. Semua harus tetap bersabar, berdoa, dan bertawakal kepada-Nya biar masalah yang ada didunia ini diselesaikan

    NAMA : MUCHAMAD HANIF FIRDAUS
    KELAS : XII TKRO 2
    NO : 21

  53. Cerita tentang seorang ibu yang merasakan sedih karena toko toko didekat rumahnya tutup karena corna. Kita harus tetp bersabar biar semuanya selesai dan kita harus tetap berdoa kepadaNya supaya diberu kesehatan selalu dan diridhoi selalu

    NAMA : MUCHAMAD HANIF FIRDAUS
    KELAS : XII TKRO 2
    NO : 21

  54. Nama : muchamad hanif firdaus
    Kelas : XII TKRO 2
    NO : 21
    CERITA SEORANG IBU RUMAH TANGGA YANG MELIHAT TOKO TOKO YANG BERADA DEKAT RUMAHNYA YANG SEMUA TUTUP AKIBAT PANDEMI INI.
    SEMUA ORANG HARUS BERSABAR KARENA PANDEMI INI DAN TETAP BERDOA AGAR SELALU DIBERI KESEHATAN DAN DIRIDHOI OLEH ALLAH SWT.

    1. NAMA : ILHAM FIKRI W Y
      KELAS : XII TKRO 2
      ABSEN : 11

      Kalau menurut saya cerita ini memiliki makna yang mendalam yaitu tentang keluhan seorang ibu rumah tangga yang melihat toko-toko di sekitar rumah nya sudah mulai tutup sampai restoran cepat saji pun ikut tutup karena kurangnya modal untuk berjualan. Di paragraf akhir pun memiliki amanah yang sangat bagus yaitu kita harus percaya kepada yang maha kuasa bahwa semua kejadian yang menimpa kita pasti ada jalan keluarnya dan pasti yang maha kuasa akan menunjukkan jalan. Semoga dengan adanya cerita ini bisa menigkatkan keimanan kita kepada sang maha pencipta. Amiiin🙏

  55. Nama : Eky Delma Maulana
    Kelas :XII TKRO 2
    No Absen : 02

    Sebuah artikel yang menggambarkan kisah dari sudut pandang penulis(ibu-ibu) tentang kondisi di negeri Sakura yang sedang terdampak musibah pandemi COVID-19 dimana semua toko tutup dan berakibat banyaknya owner dan pegawai yg kehilangan pekerjaan,salah satunya direstoran cabang Jepang makanan muslim yang menyimpan banyak kenangan bersama anaknya.Semua orang pasti mengalami dampak dari pandemi ini,kita hanya bisa berdoa agar dikuatkan untuk melewati cobaan ini.

  56. Menceritakan tentang ibu rumah tangga/seorang perempuan yang sedang sedih karena toko toko di dekat rumahnya sedang tutup karena menghadapi masalah pandemi ini..
    semoga pandemi ini segera berakhir dan kita harus bersabar dan tawakkal dan harus selalu berdoa kepadaNya

    Nama:Muhammad Rifqi Hidayat
    Kelas:Xll TKR 2
    ABSEN:29

  57. NAMA : ILHAM FIKRI W Y
    KELAS : XII TKRO 2
    ABSEN : 11

    Cerita tersebut memiliki makna yang cukup dalam untuk di baca apalagi tentang kesulitan mencari rezeki di masa pandemi ini. Hanya karena gara-gara virus ini semua orang yang punya usaha sendiri apalagi toko-toko tersebut harus bangkrut karena sepinya pelanggan dan tidak bisa bayar modal lagi untuk jualan. Di akhir cerita pun terdapat makna yang mendalam yaitu bahwa kita harus percaya pada yang kuasa bahwa pada masa pandemi ini pasti ada jalan untuk menghadapi nya walau itu sulit tapi pasti ada jalan. Saya sendiri sangat menikmati ceritanya sangat bagus.

  58. Seorang Ibu yang sedih melihat toko yang ada disekitarnya satu persatu mulai tutup karena dampak pandemi corona ini, semoga pandemi ini segera berakhir dan bisa beraktivitas seperti awal semula

    Nama : Arga Dias Apriansyah
    Kelas : XII TKRO 1
    Absen : 20

  59. Nama : ZAZAN ZANUAR
    Kelas : XII TKRO 3 / 33

    Bahasa yang di gunakan baik dan benar serta cara penyampaian ceritanya sangat baik, mempunyai makna yang sangat mendalam. Pandemi ini mengajarkan kita untuk meningkatkan rasa kemanusiaan, serta kita harus selalu berdoa agar pandemi segera berakhir!

  60. Nama : MUHAMMAD FAHMI
    Kelas : XII TKRO 2
    Absen : 26

    Bahasa yg digunakan baik dan benar, ceritanya pun sangat menarik untuk dibaca dan memiliki makna yang dalam, yaitu seorang ibu rumah tangga yang sedang sedih karena toko toko dekat rumahnya sedang karena pandemi. Semoga pandemi ini segera berakhir, agar kegiatan kembali seperti biasanya. Aamiin

  61. Nama : HELMI INDRA ZULFARINO
    Kelas. : XII TKRO 2
    Absen : 10

    Bahasa yang digunakan sangat baku dan tidak bertele-tele, ceritanya pun sangat menarik karena mengusung tema pandemi yang mengajarkan bagaimana kepedulian kita terhadap orang yang terdampak pandemi. Semoga pandemi ini cepat berakhir dan semua aspek kehidupan segera kembali normal serta selalu diberi kesehatan. Aamiin

  62. Nama : Wahyu Ivan Syahputra
    Kelas : XII TKRO 3
    NO : 31

    1. Isu aktual
    Terganggunya roda perekonomian karena pandemi yang melanda negara Jepang. Sehingga banyak sebagian toko-toko mulai menutup usahanya.

    2. Tanggapan saya tentang teks tersebut
    Teks sangat bagus dan mendukung untuk selalu bersyukur kepada Tuhan atas segala apa yang terjadi. Penuli
    Teks ini juga mengandung cerita inspiratif dimana pemerintah Jepang tidak tinggal diam untuk memompa roda perekonomian negaranya agar warga negaranya tidak kesusahan.
    Tetap semangat berkarya disaat pandemi. Dan jangan lupa untuk selalu bersyukur dan berdoa.

    Ganbatte

  63. bahasa yang digunakan baik dan benar serta cara menyampaikan ceritanya sangat baik.mempunyai makna yang sangat mendalam, pandemi ini mengajarkan kita untuk meningkatkan rasa kemanusiaan,serta kita harus selalu berdoa agar pandemi ini segera berakhir

  64. Bahasanya sangat mudah di pahami dan di mengerti , pengunaan bahasa yang baik dan lugas , ceritanya juga menarik untuk di baca dan di pahami. Pandemi ini mengajarkan kita untuk meningkatkan rasa kemanusiaan, serta kita harus selalu berdoa agar pandemi segera berakhir!

    Nama : Moch Diko Pujut Pararean
    Kelas : XII -TKR 2
    No. Abs : 16

    1. 1. Terancamnya perekonomian karena pandemi yang melanda negara Jepang.

      2. Bahasanya sangat mudah di pahami dan di mengerti , pengunaan bahasa yang baik dan lugas , ceritanya juga menarik untuk di baca dan di pahami. Pandemi ini mengajarkan kita untuk meningkatkan rasa kemanusiaan, serta kita harus selalu berdoa agar pandemi segera berakhir

      Nama : Moch. Diko Pujut Pararean
      Kelas : XII – TKR 2
      Absen : 16

  65. bahasa yang digunakan baik dan benar.bahasa mudah di pahami
    cara menyampaikannya sangat menarik.
    pandemi ini mengajarkan sifat perduli satu sama lain
    kita harus berdoa agar situasi kembali seperti semula

    Nama : erwin djatmiko
    Kelas : XII TKRO 2/04

  66. Nama:Erlangga hidayatullah
    Kelas:XII TKR 2/03

    Bahasa yang di gunakan baik dan benar serta cara penyampaian ceritanya sangat baik, mempunyai makna yang sangat mendalam. Pandemi ini mengajarkan kita untuk meningkatkan rasa kemanusiaan, serta kita harus selalu berdoa agar pandemi segera berakhir

  67. Bahasa yang digunakan sangat logis dan memahami cerita dengan seksama.Cara menyampaikan cerita nya sangat menarik.
    Pandemi ini mengajarkan kita untuk meningkatkan rasa kemanusiaan.
    Dan semoga pandemi covid ini cepat berakhir
    Nama : ilham hendyanto
    Kelas : XII TKR 2
    Absen : 12

  68. Ceritanya sangat menarik untuk sebagai contoh kita dalam melakukan kegiatan apapun, bahasa yamg digunakan sangat lucu dan sopan .

  69. Cerita nya sangat menarik sebagai contoh kita dalam melakukan apapun, bahasa yamg dalam menyampaikan sangat lucu dan sopan
    Nama : Muhammad Solehuddin
    Kelas : XII TKR 3
    No. Absen : 05

  70. 1. Isu aktual
    Tentang perekonomian nya yang terancam melanda di sebuah negara jepang akibat pandemi covid 19
    2. Cerita sangat menarik dalam melakukan apapun
    Bahasa sangat lucu dan sopan
    Singkat dan jelas juga
    Nama : Muhammad Solehuddin
    Kelas : XII TKR 3
    Absen : 05

  71. 1. Isu aktual
    Masalah pandemi corona yang sedang meresahkan masyarakat jepang dan ekonomi jepang ikut menurun banyak toko – toko yang tutup karena pandemi corona
    2. Cerita yang sangat menarik peminat pembaca, bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami para pembaca

    NAMA : DESTA ARI ANGGARA YUDA
    KELAS : XII TKRO 1
    ABSEN : 28

  72. 1. Isu Aktual

    bahasa yang digunakan baik dan benar serta cara menyampaikan ceritanya sangat baik.
    Pandemi ini mengajarkan kita untuk meningkatkan rasa kemanusiaan.
    Dan semoga pandemi covid ini cepat berakhir

    Nama : Achmad Afan Firmansyah
    Kelas : XII TKRO 1
    Absen : 01

  73. Isu aktual
    permasalahan pandemi corona yang menurun kan ekonomi jepang dan banyak toko” tutup karena pandemi corona yang sangat mematikan, dan mengajarkan kita untuk selalu waspada terhadap virus yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya.

    NAMA : ADITYA DWI MAHENDRA
    KELAS : XII TKR 1
    ABSEN : 05

  74. bahasa yang digunakan baik dan benar.bahasa mudah di pahami
    cara menyampaikannya sangat menarik.
    pandemi ini mengajarkan sifat kemanusiaan
    kita harus berdoa agar situasi kembali seperti semula

    Nama: IVAN RIDHO PRADANA PRIYANTO
    Kelas: XII TKR 2
    Absen: 14

  75. 1. Isu aktual
    Tentang perekonomian yang terancam melanda di sebuah negara jepang akibat pandemi covid 19

    2.bahasa yang digunakan sangat baik ,mudah dimengerti dan penyampaian yang sangat menarik

  76. kisah dari sudut pandang penulis(ibu-ibu) tentang kondisi di negeri Sakura yang sedang terdampak musibah pandemi COVID-19 dimana semua toko tutup dan berakibat banyaknya owner dan pegawai yg kehilangan pekerjaan,salah satunya direstoran cabang Jepang makanan muslim yang menyimpan banyak kenangan bersama anaknya.Semua orang pasti mengalami dampak dari pandemi ini,kita hanya bisa berdoa agar dikuatkan untuk melewati cobaan ini.
    Nama: Mohamad Afdani Nasrulloh
    Kelas:XII TKRO-2
    No:19

  77. NAMA : ADERINA SAPUTRI
    KELAS : XI TAV 1
    NO ABSEN : 06

    Bahasa yang di gunakan baik dan benar serta cara penyampaian ceritanya sangat baik, mempunyai makna yang sangat mendalam. Pandemi ini mengajarkan kita untuk meningkatkan rasa kemanusiaan, serta kita harus selalu berdoa agar pandemi segera berakhir!

    thanks:)

  78. Dari segi cerita Menurut saya kurang menarik untuk saya, Dan untuk segi bahasa Sudah bagus, Tidak bertele tele, menggunakan kata kata baku,untuk alur Sudah cukup baik juga, kekurangan hanya Ada pada segi cerita yang Menurut saya pribadi masih agak kurang menarik

    Nama:Arya Wahyu P
    No:22
    Kelas XI TPM 1

  79. Bahasa yang di gunakan baik, menurut saya cerita nya kurang menarik, cara menyampaikan nya sangat menarik. Dan tentu saja mudah di pahami

    Nama: Alvin Saputra
    Absen: 15
    Kelas: XI TPM 1

  80. Nama: Gilang Anggara
    Kelas: XI-TAV2
    Absen: 10

    Bahasa yang digunakan baik dan benar .Bahasanya mudah dipahami
    Cara menyampaikannya sangat menarik.
    Pandemi ini mengajarkan sifat kemanusiaan
    Kita harus berdoa agar situasi kembali normal dan beraktivitas seperti awal

  81. cerita nya sangat menarik dan sangat mendalam , bahasa yang digunakan sangat menarik.
    semoga pandemi ini cepat berakhir agar semua berjalan kembali normal
    tetap semangat!!!

  82. nama: Seftian Ferdy A.P
    kelas: XII TKR 3
    absen: 23

    Bijak dalam memilih keputusan , karena dalam keadaan pandemi ini kita harus saling menjaga satu sama lain ,
    Bahasa yang lembut membuat pembaca seperti masuk kedalam cerita tsb.
    Semoga Pandemi cepat Berakhir dan kembali menjadi normal.
    Amiin !!!

    1. nama: Seftian Ferdy A.P
      kelas: XII TKR 3
      absen: 23

      Isu aktual
      Tentang perekonomian nya yang terancam melanda di sebuah negara jepang akibat pandemi covid 19

  83. Bahasa yang digunakan baik dan benar.
    Cara menyampaikan cerita nya sangat menarik.
    semoga pandemi ini cepat Hilang di muka bumi ini dan selalu semangat menjalankan aktivitas tanpa mengeluh apa pun itu
    Nama/M.Abimail K.M/XI-TAV 2

  84. Nama: MUHAMMAD TONY ADAM
    Kelas: XII TKRO 3
    No absen: 06

    1.Isu aktual
    Tentang perekonomian yang terancam melanda disebuah negara jepang akibat pandemi covid 19

    2.bahasa mudah dimengerti, penyampaian nya juga sangat menarik

  85. cerita nya sangat menarik dan sangat mendalam , bahasa yang digunakan sangat menarik.
    semoga pandemi ini cepat berakhir agar semua berjalan kembali normal

  86. Nama :Fauzan wirdiyan siswantiono
    Kelas :XII TKRO 02
    Absen :06

    1.Isu aktual

    Di saat ini telah terjadi sebuah wabah wagembuk di negeri sendiri yaitu (covid-19) yang merusak rencana semua orang di Indonesia, tak terkecuali usaha, ekonomi pun ikut menurun dari yang ramai menjadi sepi, hal ini isu aktual nya semua pendapatan di Indonesia menjadi menurun

    2.Bahasa yang mudah dimengerti dan penyampaiannya yang sangat jelas

  87. Bahasa yang digunakan baik dan benar.
    Cara menyampaikan cerita nya sangat menarik.
    semoga pandemi ini cepat Hilang di muka bumi ini dan selalu semangat menjalankan aktivitas tanpa mengeluh apa pun itu.
    Nama:Moch.Ridho Muzacky.P
    Kelas: XI Tav 2 / 23

  88. Bahasa yang digunakan baik dan benar. Bahasa mudah di pahami
    cara menyampaikannya sangat menarik. Dan banyak sikap yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari hari

    Nama : Fausi
    Kelas :XII TKRO 2
    No.Absen : 05

  89. Bahasa yg digunakan baik dan sopan serta mudah dipahami, cara penyampaian ceritanya menarik. Semoga kita diberi ketabahan dalam menghadapi segala cobaan.

    Nama : Ahmad Fatur. A
    Kelas : XI- TPM 1
    No.abs : 07

  90. Nama : Muhammad Aji Suryanto
    kelas : XII-TKRO 2
    No : 22
    Bahasa yang digunakan baik dan benar. Bahasa mudah di pahami
    cara menyampaikannya sangat menarik. Dan banyak sikap yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari hari

  91. Nama: jane putra p.a
    Kelas: X TAV 2/15
    Bahasa yang digunakan baik dan benar. Bahasa mudah di pahami
    cara menyampaikannya sangat menarik. Dan banyak sikap yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari hari

  92. Nama : Rizky Anindya M.P.A.P
    Kelas : XII TKRO 3
    NO : 19

    1. Isu aktual
    perekonomian terganggu karena pandemi yang melanda negara Jepang. Sehingga banyak toko-toko mulai menutup usahanya.

    2. Tanggapan saya tentang teks tersebut
    Teks sangat bagus dan mudah dipahami untuk dibaca. Teks ini juga mengandung cerita inspiratif dimana pemerintah Jepang tidak tinggal diam untuk memikirkan perekonomian di negaranya agar warga negaranya tidak kesusahan.

  93. Nama : Rizky Anindya M.P.A.P
    Kelas : XII TKRO 3
    NO : 19

    1. Isu aktual
    Perekonomian di negara Jepang yang terganggu akibat pandemi Covid-19. Sehingga banyak orang yang menutup usahanya.

    2. Tanggapan saya tentang teks tersebut
    Teks sangat mudah dipahami dan sangat jelas. Teks ini juga menyisipkan cerita inspiratif yaitu pemerintah Jepang tidak hanya diam begitu saja melihat warganya kesusahan di masa pandemi Covid-19 ini. Mereka berpikir keras untuk mensejahterakan warganya.
    Tetap semangat, jaga kesehatan, dan jangan lupa berdoa.

  94. Nama : Rizky Anindya M.P.A.P
    Kelas : XII TKRO 3
    NO : 19

    1. Isu aktual
    Perekonomian di negara Jepang yang terganggu akibat pandemi Covid-19. Sehingga banyak orang yang menutup usahanya.

    2. Tanggapan saya tentang teks tersebut
    Teks sangat mudah dipahami dan sangat jelas. Di dalam teks banyak yang bisa kita ambil dan menerapkan di dalam kehidupan sehari hari
    Tetap semangat, jaga kesehatan, dan jangan lupa berdoa.

  95. Nama : Rizky Anindya M.P.A.P
    Kelas : XII TKRO 3
    NO : 19

    1. Isu aktual
    Terancamnya perekonomian negara Jepang akibat pandemi Covid-19. Sehingga banyak orang yang menutup usahanya.

    2. Tanggapan saya tentang teks tersebut
    Teks sangat mudah dipahami. Dalam teks ini banyak yang bisa kita ambil untuk menerapkan di kehidupan sehari².

    1. Nama : Ubaidillah Baihaqi
      Kelas : XII TKRO 3
      No absen : 28

      1. Isu aktual :
      Akibat kondisi pandemi covid 19 banyak toko dan perekonomian masyarakat menurun, bahkan sampai memporak porandakan segala rencana manusia

      2. Tanggapan saya :
      Bahasa yang sangat mudah dicerna dan mudah untuk dipahami, tanpa ada kata yang bertele-tele, dan isinya juga mengandung pelajaran yang bisa kita petik dalam kehidupan sehari-hari

  96. Sopan Banget Restorannya
    Bahasa Yang di gunakan Baik dan Sangat menarik Ingat Kepadanya Selalu Meminta petunjuknya untuk pedoman hidup. Semoga Pandemi cepat berakhir agar semua kembali normal agar Restoran tersebut buka kembali

    Nama: Alvin adyatma daffa putra
    Kelas: XI TPM 1
    NO Absen: 14

Bagaimana tanggapanmu? Mari berbagi ^_^