Category: budaya

Bermain & belajar dengan Baby Puzzle Jepang dan Buku Kumon Hiragana untuk usia 3 tahun

Bermain & belajar dengan Baby Puzzle Jepang dan Buku Kumon Hiragana untuk usia 3 tahun

Assalamu’alaikum, teman-teman! Bagaimana kabar libur Ramadannya sejauh ini? ^_^ Semoga tetap bisa selalu menikmati momen-momen berharga bersama keluarga dan semakin mendekatkan diri kepada Alloh SWT yaa! Semoga kita semua diluluskan dalam ujian kali ini. Aamiiin Nah, kali ini saya dan si kecil akan berbagi kegiatan kami selama libur Ramadan kali ini. Adanya banyak waktu bersama …

+ Read More

Catatan Persiapan Ramadhan Balita di Jepang

Catatan Persiapan Ramadhan Balita di Jepang

“Jalanan sepi ya Buk, koyok posoan,” si Bapak tiba-tiba bergumam saat menengok ke arah jendela apato kami. “Eh, emange posoan kapan yo Buk?” “-..-“ Dialog kecil yang bercerita betapa si Bapak sudah merasa bahwa setiap hari berjalan begitu samaaa dan datar. Suasana sudah seperti Bulan Puasa, etapi malah bingung kapan puasanya :3 Yang sedikit membedakan …

+ Read More

Omatsuri : Serunya Festival dan Pasar Rakyat Musim Semi di Jepang

Omatsuri : Serunya Festival dan Pasar Rakyat Musim Semi di Jepang

“Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”, peribahasa ini yang selama ini berusaha saya terapkan selama mencari serpihan ilmu-Nya di negeri Sakura. Menjadi yang ‘berbeda’ dan ‘minoritas’ mungkin adalah label yang tepat bagi warga Indonesia Muslim di sini. ‘Berbeda’ dari penampilan fisik dengan penduduk asli, dan ‘minoritas’ dalam menjalankan perintah agama Islam yang masih tergolong “baru” …

+ Read More

Omikoshi, Icon wajib Festival Rakyat di Jepang

Omikoshi, Icon wajib Festival Rakyat di Jepang

Jika kamu pernah mengikuti Pagelaran Festival Jepang Ennichisai Blok M, Jakarta, pasti ngeh deh dengan benda besar yang umumnya digunakan sebagai icon utama di acara tersebut. Kira-kira apa sih itu namanya? Dan, tidak hanya di Jakarta, ternyata benda itupun selalu ada di hampir setiap acara rakyat di Jepang loh. Tepatnya pada tanggal 5 Mei 2019 …

+ Read More

Kashiwamochi: Sajian persembahan Dewa pada Hari Anak Laki-Laki

Kashiwamochi: Sajian persembahan Dewa pada Hari Anak Laki-Laki

Setiap mengunjungi suatu negara, sayang rasanya jika tak mencicipi kuliner tradisional yang sangat beragam di dalamnya, plus edible for Muslim insya Alloh. Mantap!♡\( ̄▽ ̄)/♡ Bulan April-Mei memang surga nya Festival, makanan, dan diskon (aduhh (。╯︵╰。))  bagi masyarakat Jepang. Pada ada bulan Mei sendiri, Jepang memiliki ada beberapa perayaan nasional yang berturut-turut, dan pekan ini disebut sebagai Golden …

+ Read More

Bahasa Jepang dasar ketika berwisata ke Negeri Sakura.

Bahasa Jepang dasar ketika berwisata ke Negeri Sakura.

Selain memikirkan itinerary/jadwal perjalanan dan tempat wisata yang akan dituju, ada baiknya kamu mulai mempersiapkan sedikit obrolan ringan ketika berinteraksi langsung dengan penduduk setempat,  paling tidak dengan para penjual atau kasir di convenience store yang bakal sering kamu samperin buat nenangin perut.  Pertama kali menginjakkan kaki ke Jepang, tentu rasanya akan sangat senang sekali. Apalagi …

+ Read More

Etika berwisata ke Jepang (Tips Turis Milenial)

Etika berwisata ke Jepang (Tips Turis Milenial)

Gambar houzz.jp  Jepang terkenal sebagai negara yang menjunjung tinggi hal-hal yang baik, menghormati privasi dan menjaga sopan santun. Setidaknya itu yang diwarisi turun-temurun oleh penduduk setempat, dan hal ini pula sangat diharapkan juga dapat tercermin dari perilaku para turis yang menginjakkan kaki di negeri ini. Entah itu untuk berwisata sementara, atau menetap dalam waktu yang …

+ Read More

Banjir Sakura di Supermarket Jepang

Banjir Sakura di Supermarket Jepang

Hah? Banjir Sakura? Kayak gimana tuh? Emang ada?. Ada dong. Malah Sakura nya numbuh dari dalam toko. xD Makin penasaran kan? Di tulisan kali ini teman-teman akan diajak “belanja” ke beberapa toko di Jepang ketika menyambut musim Semi.  Satu hal yang sangat menarik pada musim semi di Jepang adalah, hampir semua tempat dan pusat perbelanjaan …

+ Read More

Travelling hemat di Jepang berlatar taburan Sakura.

Travelling hemat di Jepang berlatar taburan Sakura.

Alhamdulillah, Musim semi telah tiba!. Dan, menikmati pemandangan sakura sambil menggelar piknik tepat di bawah pohon sakura, atau yang disebut dengan Hanami adalah kebiasaaan masyarakat Jepang dalam merayakan awal musim semi dan awal tahun ajaran baru di Jepang.  Sebelum memasuki tahun awal akademik, rasanya kurang afdhol jika tanpa ber-Hanami bersama keluarga dan kerabat dekat.  Puncak …

+ Read More

Syukur dan Optimisme masyarakat Jepang dalam sepiring nasi.

Syukur dan Optimisme masyarakat Jepang dalam sepiring nasi.

Jika kita perhatikan film kartun di televisi, sebut saja Doraemon, atau Naruto. Sebelum makan, umumnya mereka akan mengucapkan beberapa kata yang khas, yang diterjemahkan di Bahasa Indonesia sebagai “Selamat Makan”, dan mengakhiri nya dengan “terima kasih atas makanannya”. Pernah dengar kan ya? 😉 Nah, sebenarnya terjemahan itu adalah versi singkat dan pendek dari “Itadakimasu” dan …

+ Read More