Menjelajah dunia dalam sehari di museum Tobu World Square, Jepang.

Menjelajah dunia dalam sehari di museum Tobu World Square, Jepang.

 
 
Banyak orang bekerja keras mengumpulkan pundi-pundi emasnya, demi bertujuan mengelilingi dunia. Tren yang juga populer belakangan ini, banyak Orang Tua muda yang bercita-cita mengajak buah hati mereka berwisata dari satu objek wisata ke objek lainnya, bahkan dari satu negara ke negara lain, demi memupuk sebanyak-banyaknya pengalaman yang berharga ketika ia besar nanti.

Dan, sudah pasti, setiap tempat baru yang dikunjungi akan menyimpan banyak informasi dan memori yang berkesan.
 
Siapa yang tidak tahu negara Jepang? Salah satu negara maju yang sangat diperhitungkan oleh negara-negar dunia. Negara yang hampir selalu menduduki peringkat pertama dalam bidang inovasi dan ilmu pengetahuan. Namun dibalik tingginya perkembangan sains dan teknologi, Jepang juga memiliki tempat rekreasi keluarga yang di dalamnya mencakup hampir seluruh negara dan benua di bumi. Mantap!
 
Ketika hamil, saya adalah tipikal bumil yang mager alias malas gerak. Jika bukan tempat yang wow banget, sulit bagi saya melangkahkan kaki ke luar rumah, apalagi jika suhu mencapai 10 derajat celcius. Paling enak memang makan bakso sambil menyalakan pemanas ruangan yang maksimal. Hehe
 
Namun seperti tak berlaku lagi motto Baiti Jannati saya, ketika ada yang mengajak ke Museum Arsitektural Tobu World Square, Nikko, Jepang. Meskipun harus melalui perjalanan darat selama kurang lebih tiga jam dan sempat membuat bumil kelenger di perjalanan, Alhamdulillah rasanya tetap semangat sekali.
 
 
Museum ini terletak di Kota Nikko, kota kecil di sebelah utara Tokyo, Ibukota Jepang. Kota Nikko juga meng-klaim sebagai kota yang Ramah Muslim di Jepang loh! Menarik ya ^^
 
Pada akhir artikel ini, saya juga menyertakan video ketika kami ke sana, rasakan sensasi menjadi turis raksasa di tempat yang menyegarkan mata dan memuaskan jiwa petualangan ini!
 
Untuk menuju ke tempat wisata ini dibutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga jam perjalanan darat dari Tokyo. Tobu World Square memiliki kurang lebih 102 replika bangunan terkenal di dunia yang di desain dengan skala 1:25 dari ukuran aslinya. Dari 102 bangunan itu, 47 diantaranya masuk dalam bangunan bersejarah Warisan Dunia (World Heritage Sites).
 
Untuk memudahkan wisatawan dalam mempelajari dan merasakan sensasi berkunjung di atmosfer negara bahkan benua yang berbeda, Museum ini membagi lokasi wisata ke dalam enam bagian. Antara lain bagian Modern Jepang, Amerika, Mesir, Eropa, Asia dan Jepang. 
 
 
 
Bagian Negara Jepang sengaja dikelompokkan menjadi dua bagian yang berbeda, bagian Modern Jepang diisi dengan bangunan-bangunan mutakhir yang dilengkapi dengan desain dan teknologi maju khas negara Matahari terbit. Salah satunya adalah menara khas terbaru yang menjulang tinggi dan selalu diincar para turis untuk berfoto ketika melancong ke negeri sakura ini, yaitu Tokyo Skytree. 
 
Tokyo Sky Tree.
 
 
Sedangkan bagian dengan label “Jepang” sendiri berisi bangunan-bangunan unik, iconic, dan bersejarah di masa lampau. Bangunan yang masuk dalam kategori ini antara lain adalah Kinkakuji, yaitu kuil yang terkenal dengan lapisan dinding bercat emasnya.
 
Kinkakuji; Rokuon-ji; Golden Pavilion, Kyoto.
Pengunjung antusias melihat lebih dekat setiap bangunan bersejarah yang dipamerkan.
 
The Great Budha Hall of Todai-ji, Nara, Jepang.
Former Hokkaidō government office building, Jepang.
Sapporo Clock Tower, Jepang.
Dogo Hot Spring Main Building, Ehime, Jepang.
Private House with Yamato Roof, Jepang.
 
 
Byodo-in Phoenix Hall,Kyoto
Suasana Festival Rakyat pada musim Panas di Jepang.
Himeji Castle, Hyogo, Jepang.
Itsukushima Shrine. Bangunan Toori berwarna merah menyala yang mengambang, salah satu situs peninggalan budaya UNESCO.
 
Kawasan ini juga memasukkan Tobu Trains sebagai salah satu bangunan iconic di dalamnya. Tobu adalah salah satu perusahaan commuter besar di Jepang, dan perusahaan ini terkenal memiliki rute terpanjang kedua seantero Jepang. Sedangkan perusahaan yang menaungi Tobu, tidak hanya populer di bidang transportasi saja, melainkan juga perumahan bahkan penjualan.
Jika kita mengamati nama dari Museum ini, Tobu World Square, kita juga akan langsung paham jika pemilik dari tempat wisata ini adalah Perusahaan Tobu.
 
Kawasan “Amerika” memiliki beberapa bangunan khas yang populer seperti Patung Liberty, Empire State Building dan rumah dinas Presiden yaitu The White House.
Empire State Building, Amerika.
Liberty Statue, Amerika.
Plaza Hotel, Amerika

 

Benua Afrika yang diwakili oleh “Mesir” juga berkesempatan menampilkan Piramid dan patung “penjaga” nya yang khas, Sphinx.

Pyramid
 
Sementara “Eropa” memiliki jumlah bangunan bersejarah populer terbanyak diantara empat benua yang dipamerkan. Sebut saja, The Parthenon, Colosseum, Menara Eiffel yang romantis :p, Kincir angin Kinderdijk, Buckingham Palace, Westminster Abbey, Alhambra, Big Ben, dan juga Barcelona Sanctuary. Mereka adalah sedikit dari bangunan unik dan bersejarah yang ada di Eropa.
 
Peterhof Palace, Russia.
St. Vasilie Church, Russia
Belvedere, Austria.
The Palace of Versailles, Perancis.
Tower Bridge, England

Para Pengunjung juga bebas mengambil foto dari spot manapun dan hampir semuanya instagramable 😀

Foto ala Raksasa menguasai Bumi XD.Bangunan Alhambra, Istana Raja Muslim di Andalusia, Spanyol.
 
Di benua kebanggaan saya, “Asia”, tampak juga Angkor Wat, Taj Mahal, Forbidden City, Tembok Besar China, Kyongbokkun Palace, dan Masjed-e Emam yang ada di Iran. Sedikit sedih karena dari awal masuk saya sudah menanti-nanti akan bertemu dengan Borobudur di dalamnya. Tapi ternyata negara Indonesia belum memenuhi syarat tampil gaesss 😀

 

Taipei 101, Taiwan
Kyongbokkung Palace, Korea.
Yungang Grottoes, China.
Temple of Heaven, China.
Taj Mahal, India
Angkor Wat, Cambodia
Masjed-e Emam, Esfahan, Iran
Dragon and Tiger Pagodas, Taiwan.
Mogao Caves, China.
Forbidden City, China.

 

Mengelilingi puluhan bangunan di museum ini tentu saja melelahkan,namun pengunjung sangat dimanjakan dengan fasilitas yang ada. Kabar baiknya, untuk pengunjung MUSLIM (saya senang sekali menulis bagian ini hehe), disediakan tempat sholat yang cukup luas (Mushola), lengkap dengan tempat wudlu yang unik dengan semacam tempat duduk di depan keran (sering menjumpai tempat wudlu seperti ini di Jepang) dan restoran berlabel Halal yang tidak perlu khawatir tentang bahan dan kandungan di dalamnya. Mungkin yang perlu dikhawaatirkan adalah saldo di dompet masing-masing, karena makanan Jepang terkenal enak, sehat dan indah, bisa saja membuat kita memesan lebih dari seporsi haha 😀

 

Dengan tiket masuk sekitar 2,700yen untuk dewasa atau sekitar Rp.351.000,- , pengunjung bisa menikmati miniatur dan pengetahuan dari puluhan bangunan dari empat benua di dunia, berbagai macam fasilitas seperti: Mushola, tempat wudlu, restoran Halal, Kids’ House (terdapat nursing room di dalamnya), Kids’ Room (taman bermain anak), Persewaan Stroller/Baby Car, persewaan Kursi Roda, Pet stroller (berbayar), Coin Locker dan pasti toko souvenir yang memanjakan mata dan menipiskan dompet. 
 
 
Jadi, jangan lupa masukkan tempat kece ini di daftar wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Jepang ya.
 
Atau, Adakah yang sudah pernah berkunjung ke sini?. Yuk saling berbagi di kolom komentar ^_^
 
Jangan lupa untuk klik video di bawah ya, supaya makin terasa suasana jalan-jalan kita kali ini ^_^
 
Terima kasih!
 

37 Replies to “Menjelajah dunia dalam sehari di museum Tobu World Square, Jepang.”

  1. Tempatnya keren banget. Saya baru tahu kalau Jepang terbagi atas wilayah modern dan tradisional. kalau saya sih, lebih suka mengunjungi wilayah yang tradisional. Saya suka dengan kearifan lokal suatu wilayah.

  2. Komplet banget ya itu Tobu world square, apalagi ada area muslim untuk sholat dan wudhu yang nyaman. Di Indonesia aja yang mayoritas muslim masih banyak tempat umum yang fasilitas untuk sholatnya nggak layak. Saya ikut sedih juga replka borobudur belum ada di sana, padahal kan nggak kalah keren?

  3. Itulah kenapa aku ga prnh bosen Ama Jepang, dan ini 1-1 nya negara yg aku ga keberatan datang berkali2 :D. 2021 planningku Jepang lagi setelah Corona reda. Semoga Jepang udh aman jg.

    Nah aku udh masukin Tobu mba utk didatangin bareng anak2.

    Bbrp kali ke Jepang, aku ga prnh masukin ini Krn wkt itu memang kepengin ke tempat lain, jd ga cukup waktu itu mampir di Tobu.

    Ishhh, udah kangeeeeen banget Ama Jepang 🙁 . Akhir2 ini aku srg liat video2 ttg Jepang saking kangennya balik ksana

    1. Aamiiin Aamiiin kak , smoga dilancarkan smuaa agendany sekeluarga y kak🌹🌟

      Kl kakak thn dpan ke Tobu, pasti mkin seru. krn fasilitas yg ditambh uda makin bnyak, bngunan miniatur jg makin bnyak, ada efek2 jg yg ditambhkn biar pengunjung makin betah, ada resto dg mkanan enak2. saya jg pgn ke Tobu lagi, kepo dg inovasi terbarunya😆

      sehat2 sll y kak ❤️ terima kasih bnyk sdh mnyempatkn kemari dan berkomentar 😍🙏🏼🌟🌹

  4. Waaah sepertii keliling duniaa ya mbaak, lengkap banget dr asia, eropa, amerika, zona lengkap jepang dan ada egypt pulaa 😁 worth to visit nih buat sarana edukasi juga ke anak. Sesuai sama harga tiket yaa mbak, fasilitas yg didapat juga banyak 😁

    1. betul kak, seperti keloling dunia namin cukup di satu tempat saja hehe 😉 terima kasih bnyk sdh berkenan mampir dan berkomentar kak ✨🌟🌹

    2. betul kak, seperti keliling dunia namun cukup di satu tempat saja hehe 😉 terima kasih bnyk sdh berkenan mampir dan berkomentar kak ✨🌟🌹smoga sehat2 sll sekeluarga.

Bagaimana tanggapanmu? Mari berbagi ^_^