Anpanman Shop : Bermain dan belanja di rumah karakter favorit para Balita di Jepang.

Anpanman Shop : Bermain dan belanja di rumah karakter favorit para Balita di Jepang.

Sudah bukan rahasia lagi jika hampir semua para bayi di Jepang pasti kenal atau (tidak sengaja) dikenalkan dengan tokoh animasi Anpanman dan kawan-kawannya. Tokoh animasi yang berlatar belakang dari sebuah roti berisi anko/kacang merah, yang menjadi superhero dan suka menolong, sangat digemari para bayi hingga orang dewasa di Jepang. Beragam produk bergambar Anpanman pun selalu laris diburu setiap tahunnya oleh para Mama Papa baru, baik orang Jepang maupun orang asing yang sedang tinggal di Jepang. Hmm,,saya jadi memikirkan, berapa ya kira-kira royalti yang diterima oleh keluarga dari pengarang cerita Anpanman ini. hehe~

Baca Juga:

Berkunjung ke Museum Anpanman, karakter Idola anak-anak di Jepang.

Tentang royalti ini, lumayan sensitif loh. Berbeda dengan Indonesia, yang bebas mencetak barang dengan karakter apapun sesuai permintaan pasar, TANPA perlu ijin ke pemilik lisensi resminya (cmiiw). Di Jepang, setiap produk yang mencantumkan gambar bahkan nama sebuah tokoh animasi seperti Anpanman, Hello Kitty, Mickey Mouse, Doraemon, dll, wajib untuk meminta ijin dan mendaftarkan produknya ke pemegang lisensi resmi. Dan pastinya, beberapa persen hasil penjualan produk terebut akan masuk ke kantong pemilik lisensi resmi sebagai penghargaan akan hasil cipta karya seseorang. Wah,,sangat amat dihargai ya. Jadi amat jarang ditemukan produk kawe atau KW ataupun KW kualitas ori atau apalah itu di negeri Sakura ini^^~

Oia, di Jepang, jika teman-teman ingin mengambil gambar/ foto di sebuah tempat, pastikan kamu sudah mendapat ijin dari pemilik atau penjaga tempat tersebut ya. Dan untuk wajah orang asing yang tidak sengaja terambil dalam kamera kamu, sebelum kamu unggah fotonya di sosial media, jangan lupa untuk di blur terlebih dahulu. Poko na mah harus ijin dulu lah. Istilah bahasa Jawa nya, jangan lupa kulo nuwun terlebih dahulu. hehe.. tunjukkan selalu kalau kita adalah ‘produk’ dari negara yang sopan, santun dan beradab.#wkwkw.produk.loh.ya xD~

Baca juga:

Etika berwisata ke Jepang (Tips Turis Milenial)

 

Nah, kali ini Alhamdulillah kami berkesempatan mengunjungi Toko Anpanman! Anpanman Shop terletak di daerah Shinjuku, Tokyo, kawasan elit dan salah satu pusat aktivitas di Tokyo Daerah ini sangat ramai orang berlalu-lalang, baik warga lokal Jepang maupun wisatawan mancanegara terlihat riwa-riwi di jalanan Shinjuku. 

Tidak sulit untuk menemukan Anpanman Shop ini. Stasiun terdekat adalah Yotsuya Sanchome. Dengan berjalan kaki kurang lebih 5-10 menit saja dari stasiun tersebut, maka kamu akan bertemu dengan tempat favorit sejuta anak di Jepang ini. 

Di mesin pencarian Google pun, sudah banyak review bagus tentang tempat ini. Pokoknya mah balita dan anak-anak seumuran SD pasti seneng lama-lama main di sini. Eh, main? Ya, selain menyediakan segudang barang yang dijual, toko ini juga menyediakan spot khusus untuk mencoba permainan khas Anpanman, sebelum kita memutuskan untuk membelinya.

Dan yah, waktu tiga jam rasanya masih kurang bagi putri kami dalam bermain di sini. maunya sih minta perpanjangan waktu gitu, waduh! xD

Setelah menemukan toko kesayangannya, putri kami langsung speechless xD , sempat melongo beberapa saat alu berteriak “aa~ Anpanman da!”. Tak lama setelah berfoto di depan toko, kami pun masuk melalui pintu yang berada di samping kanan bangunan berkaca besar ini.

Toko ini terletak di lantai dasar bangunan besar yang bernama Rokusan Building. Ketika masuk, kami disambut suasana yang sangat meriah berwarna warni dan ratusan tokoh dari animasi populer ini. Awalnya kami bingung, apakah harus melepas sepatu atau tidak, karena karpet di dalam toko terlihat lembut dan bersihhh. Namun tidak kami temukan rak sepatu di dalamnya. Akhirnya, setelah kami bertanya kepada penjaga toko, beliau menjelaskan bahwa sepatu langsung dipakai saja, hanya saja wajib melepas alas kaki di spot bermain anak yang disediakan di tengah-tengah ruangan. 

Di sebelah kanan persis pintu masuk, terdapat cairan pembersih tangan, name card toko, dan tisu basah yang disediakan bagi pelanggan yang datang. Di bawahnya juga terdapat beberapa lembar promosi film terbaru Anpanman yang akan tayang beserta beberapa promosi lainnya.

 

Di sebelah kiri pintu masuk, sudah berjejer rapi berbagai macam barang yang perlahan-lahan ‘merayu’ untuk dibawa pulang xD Dari perlengkapan musim hujan seperti boots anti air, payung, jas hujan, hingga masker, karpet, sepatu, underwear, exclusive postcard dan label bordir untuk baju pun sudah tertata rapi di area ini.

Di sisi berlawanan, terdapat berbagai alat makan dan peralatan membuat bekal sekolah yang sangat lucu-lucu dan menarik. Rasanya kalau saya ahli banget bikin character bento (bekal makan yang dihias berbentuk berbagai macam karakter), pasti akan kalap di bagian ini. Tapi Alhamdulillah, saya tidak cukup berbakat, jadi ya ga beli wkwkwkw xD

Karena ini toko Anpanman, rasanya ga afdhol kalau tidak ada manekin Anpanman yakan. Jangan khawatir, di tengah-tengah ruangan terdapat patung Anpanman beserta empat kawan-kawannya yang siap untuk diajak selfie pengunjung. 

Pada area utama ini pula terdapat layar yang memutar video original soundtrack dari Anpanman dan kawan-kawannya, yang seakan mengajak menari setiap anak yang bermain di sana. Adapula balon berbentuk Anpanman yang cukup besar di sudut ruangan, tepat di atas layar tersebut.

Di depannya, terletak spot bermain yang bisa dicoba secara gratis oleh setiap anak yang berkunjung.

Beragam busana dengan print Anpanman dan kawan-kawannya pun turut memeriahkan toko ini, dari ukuran newborn hingga anak SD pun tersedia. Jika beruntung, pengunjung bisa menemukan desain baju yang limited yang tidak dijual bebas di toko-toko swalayan lainnya. 

Semua barang original yang dijual di toko resmi ini termasuk fixed price dan beberapa menurut saya, malah lebih mahal daripada yang dijual di swalayan-swalayan bebas (yang biasanya malah ada diskon sampai dengan 50% di penghujung tahun maupun pada akhir tiap musim). 

Nah, jika sebelumnya, kita disuguhi tentang berbagai asesoris dan permainan tokoh animasi populer ini, maka selanjutnya adalah spot buku-buku dan bahan bacaan yang seru bagi balita dan anak-anak. Beberapa buku juga menjelaskan sejarah Anpanman dari awal hingga kini, sehingga ada perbedaan pada desain karakter jaman dahulu dan karakter yang sekarang.

Di tulisan saya sebelumnya, pernah saya jelaskan sejarah adanya tokoh Anpanman, yang sangat dikenal anak-anak Jepang. Bisa dibaca di sini.

Di bawah ini adalah perbandingan gambar karakter tokoh Anpanman ketika pertama kali diluncurkan dan gambar Anpanman yang sekarang.

atas : Anpanman jadul. bawah: Anpanman modern.
atas : Anpanman jadul. bawah: Anpanman modern.

Melewatkan waktu 180 menit di tempat ini amat sangat menyenangkan dan memang rasanya pingin main lebih lama lagi. Anpanman memang memiliki daya tarik sendiri bagi para balita dan anak-anak di Jepang, sehingga hampir semua balita di Jepang pasti memiliki minimal satu barang yang berlisensi original Anpanaman. That’s why, saya penasaran banget itu royalti penulis sekaligus pembuatnya xD #dasar.kepo

Anpanman Shop, Tokyo

alamat : 7-201 Funamachi, Shinjuku City, Tokyo 160-0006

telepon: 03-3226-818

Jam Buka: Selasa-Minggu, Senin Libur.

12-6PM (jam 12 siang sampai jam 6 sore)

 

 

2 Replies to “Anpanman Shop : Bermain dan belanja di rumah karakter favorit para Balita di Jepang.”

Bagaimana tanggapanmu? Mari berbagi ^_^

%d bloggers like this: