Berburu Soba Halal di Rumah Gundam, Odaiba, Tokyo.

Berburu Soba Halal di Rumah Gundam, Odaiba, Tokyo.

Bagi wisatawan yang mengunjungi kota Tokyo, Jepang, rumah Gundam si robot Raksasa yang ada di Odaiba pastinya akan menjadi salah satu jujugan dalam itinerary, tak terkecuali oleh wisatawan Muslim dan penggemar anime. 

Siapa yang tidak kenal Gundam?. Robot Raksasa dalam serial animasi Jepang yang memulai debutnya sekitar tahun 1979 silam dan mendunia hingga kini. Kepopuleran Giant robot ini pun masih menggaung di negeri asalnya sampai sekarang, terbukti dengan adanya The Life size of Gundam yang selalu jadi jujugan para turis pecinta anime robot ini. Meskipun hanya di tempat, Robot ini bisa menggerakkan kepala, tubuh dan tangannya mirip seperti di animasinya loh. 
Terletak di DiverCity Mall di distrik Odaiba, kota ini dibangun di atas pulau buatan di Teluk Tokyo. Canggih ya!


Robot Gundam terbaru 2017.Foto diambil dari stripes dot com.















Robot Gundam yang ada sekarang adalah masih berusia tepat dua tahun semenjak peletakannya yang pertama pada sekitar Maret 2017 lalu, untuk menggantikan versi robot Gundam sebelumnya yang iconic.
Selepas jalan-jalan dan puas berfoto bersama Gundam, sudah pasti perut akan memanggil untuk meminta “bayaran” :D. Nah, di pusat perbelanjaan DiverCity ini, Alhamdulillah ada satu restoran yang menyajikan menu halal bagi wisatawan Muslim yang peduli tentang ke-halal-an makanan dan kebutuhan perut yang lapar usai jalan-jalan 😀
SOJIBU, Japanese Halal Restaurant namanya, yang telah mendapatkan sertifikat Halal dari Malaysia Halal Consultation and Training Agency. Mereka memilki buku menu yang tersedia dalam bahasa Inggris, makanan yang ditawarkan didominasi oleh berbagai variasi Soba dan hampir semuanya kelihatan enakkk banget. 

Sertifikat Halal dari Malaysia Halal Consultation and Training Agency.
Salah satu papan promosi menu rekomendasi SOJIBU.
Di Indonesia sendiri, mungkin Soba tidak sepopuler Ramen ya, walaupun keduanya sama-sama sajian dengan tampilan sup dan mi, tapi jelas rasanya berbeda, kalau saya lebih suka Soba. Hehe..
Meskipun Restoran Halal, pengunjung tidak hanya didominasi oleh Muslim loh. Kami pun harus antri cukup panjang dengan wisatawan lokal dan dari beberapa negara lainnya, ketika itu kami antri sekitar 30 menit. Hah? 30 menit antri? Iya, dan di Jepang itu sudah menjadi hal yang biasa. Selain berbaris rapi, calon pelanggan wajib mengisi buku antrian yang berisi nama dan jumlah orang untuk  menentukan meja yang akan dipesan, itu akan memudahkan pihak restoran dalam mencarikan spot dan kursi sesuai kebutuhan pelanggan. 
Semua wajib antri tertib dan rapi dan tidak ada yang mengeluh kesemutan xD. Tenang, di depan restoran tersedia beberapa kursi, jadi antrinya bisa sambil duduk. Yay! ^^~
 

Deretan makanan plastik/fake food/shokuhin sampuru yang menyerupai aslinya di SOJIBU. Fake food/shokuhin sampuru ini juga salah satu  yang khas dari rumah makan di Jepang loh!^^

Setelah tiba giliran kami dipanggil masuk, kami pun diantar ke salah satu sudut meja yang sudah dibersihkan dari pengunjung sebelumnya. Ruangannya nyaman dan tenang, saya suka!. Sembari membaca-baca buku menu, kami diberi hidangan pembuka berupa teh gandum/mugicha hangat dan snack dalam satu cawan kecil.
 

Hidangan pembuka.

Pojok minuman, bebas ambil/refill lagi jika sudah habis.
Apa yang saya pesan?. Karena saya masih awam tentang dunia Soba, maka jawaban saya pada suami waktu itu adalah “saya mau yang ichiban yasui (yang paling murah aja)”, lumayan kan nanti sisa uangnya bisa buat tambahan beli skincare di lantai bawah haha 😀
Saya berkesempatan memesan Chicken cutlet set dengan Soba, besarr dan banyakk sekali. Termasuk di dalamnya:
secawan besaarr Soba,
nasi dengan AYAM
dan telur di atasnya (seperti masakan Oyakodon),
kriwilan gorengan kecil-kecil (seperti tepung kecil-kecil sisa dari penggorengan tempura, untuk dicampurkan ke dalam Soba)
dan bayam rebus sebagai side dish/lalapannya. 
Makanan sebanyak itu totalnya sekitar 960yen atau sekitar Rp.125.000,-. 

Mata saya langsung berbinar ketika membaca menu “ayam”, karena cukup sulit ditemukan masakan Ayam yang halal di negeri asal anime ini. Bagi wisatawan Muslim yang sedang berkunjung ke Jepang, mengkonsumsi Ayam adalah hal yang amat langka dan termasuk mewah. Pasalnya, tidak semua daging Ayam dan Sapi, terutama, memenuhi syarat kehalalan yang diprioritaskan agama Islam. 
Tapi tidak perlu khawatir berlebihan, karena di Jepang sekarang sudah mulai menjamur rumah makan dan supermarket, yang menyediakan makanan dan bahan makanan Halal dan Thayyib insya Alloh.
Chicken cutlet set Soba.
Bagaimana rasanya?
Jika kamu penggemar masakan Jepang dan mi, makanan di sini sangat worthed sekali. Rasanya enaakk, isinya banyaaakk, tempatnya nyamaaaan dan yang paling penting, semua menu di sini HALAL. 
Paling suka dengan cawan nasi yang di atasnya berisi ayam dan telur seperti. rasa gurih, manis, dan segar yang ada bikin kombinasi rasa yang mantap menurut saya. Gara-gara makan nasi ini, perut saya terasa tidak muat lagi untuk menyantap sisa Soba yang secawan besarrr itu :D. 
Alhasil, sharing dan minta pertolongan suami untuk menghabiskan :D, daripada mubadzir ye kan xD.
Mi soba lebih soft dan gampang “diputus”, berbeda dengan mi ramen yang kenyal. Soba lebih direkomendasikan bagi yang sedang dalam masa diet, karena terbuat dari perpaduan tepung gandum dan gandum kuda/soba/ buckwheat. Buckwheat sendiri memiliki kandungan serat, bebas lemak dan kolesterol, juga memiliki kandungan nutrisi yang kaya seperti manganese, protein tanpa lemak, karbohidrat dan thiamine. Mengkonsumsi Soba membuat rasa kenyang lebih lama namun kaya nutrisi.
Variasi menu Soba yang ditawarkan.
Intinya, patut dicoba banget kalau lagi mampir ke Tokyo, tepatnya di distrik Odaiba. Tempatnya satu komplek dengan si Robot Gundam, yaitu di DiverCity mall, jadi ga perlu jalan jauh-jauh buat ke resto ini.
Dan, mungkin pesannya bisa satu menu aja jangan dobel-dobel kayak saya kalau memang ragu untuk bisa menghabiskan semua makanan yang cukup besar porsinya ini. :p
Adakah yang sudah pernah makan Soba? Lebih suka Soba atau Ramen? atau malah suka Gundam?. 


SOJIBU Japanaese Halal Restaurant

DiverCity Tokyo Plaza Lantai 6, 1-1-10 Aomi, Koto-ku, Tokyo
Telepon:  (kode negara Jepang) 03-5520-1310
www dot halalgourmet dot jp/ja/restaurant/679

Sumber:
www dot halalgourmet dot jp
www dot healthyeating dot sfgate dot com/healthy-benefits-buckwheat-noodles-6583 dot html

7 Replies to “Berburu Soba Halal di Rumah Gundam, Odaiba, Tokyo.”

Bagaimana tanggapanmu? Mari berbagi ^_^