Halal Sakura, Resto Halal ala Uyghur di negeri Sakura

Halal Sakura, Resto Halal ala Uyghur di negeri Sakura

Apa yang ada di benak teman-teman ketika pertama kali mendengar ‘Makanan halal di Jepang ?’. Tentu tidak jauh-jauh dari secawan mi ramen dengan kuah ayam yang diproses secara halal dan menggunakan alat-alat masak khusus, yang diperuntukkan utuk mengolah bahan-bahan sesuai syariat Islam. Namun, bosan juga ya jika hanya menu Ramen saja yang dapat kita coba sebagai wisata kuliner di Jepang. 
Nah, bagaimana jika menikmati menu khas Jepang lainnya namun dibaurkan dengan menu pilihan  yang lebih bervariasi dari negara Asia Tengah?. Pernah coba?. Rasanya tidak kalah mantap loh!.
Bagi wisatawan Muslim di Jepang, tentu saat ini terasa semakin mudah dan banyak pilihan dalam berwisata kuliner di negeri Matahari Terbit ini. Banyaknya populasi komunitas Muslim dari berbagai negara, tingginya permintaan akan bahan dan makanan Halal, serta untuk menyambut Olimpiade 2020 di Jepang, membuat banyak produsen serta perusahaan di Jepang berlomba-lomba menawarkan berbagai macam produk yang ramah Muslim, tak terkecuali dalam bidang kuliner.
Nah, kemudahan-kemudahan inilah yang membuat para pebisnis harus sedikit memutar otak dalam menyajikan kuliner Halal yang tak biasa dan berbeda dari lainnya. Salah satu rumah makan yang kami coba kali ini adalah Restauran Muslim Uyghur ‘Halal Sakura’. Cantik ya namanya!. Sekali dengar, orang akan paham bahwa kedai ini menawarkan aneka pengganjal perut yang tidak hanya enak, namun juga HALAL !, dan dengan nuansa berbeda di negeri Sakura. 
Terletak di pusat kota Tokyo, dekat dengan Kebun Binatang Ueno yang terkenal dan Pasar Kain Nippori yang selalu menjadi jujugan turis-turis berburu kain-kain lucu namun membuat dompet ‘menangis’ xD.
Perjalanan menuju resto Halal Sakura. (perhatikan resto dengan tanda panah merah 😀 ).
Salah satu stasiun terdekatnya adalah Uguisudani Station. Dari stasiun ini, kita bisa berjalan kaki sekitar 10 menit saja untuk mencapai restauran dengan nama indah ini. Hanya dengan mengandalkan Google map saja, rumah makan ini tidak susah untuk ditemui. Dan ya, selamat menikmati hari-hari dengan berjalan kaki di sepanjang wisata di negeri yang terkenal disiplin tinggi ini. Koyo dan balsem wajib ada di tas ya gaess xD.
Letak restoran ini ada di persimpangan jalan, sangat mudah menemuinya. Dari luar kita langsung disambut dengan jendela kaca yang besar dengan promosi yang cukup menarik dan semakin cantik, dengan adanya beberapa karakter Muslim bergaya anime yang ‘menyapa’ para pejalan kaki. 
Anime bangeetttt <3
Hmm, saya jadi membayangkan sesuatu. Bukan tidak mungkin, beberapa tahun ke depan akan lahir anime Muslim yang bisa jadi teladan dari negara maju ini. Banyaknya warga Jepang yang berbondong-bondong mengikuti kuliah Islam di Masjid-masjid di Jepang, ditambah rentetan list masyarakat asli Jepang yang satu persatu mengikrarkan diri menjadi Muslim, sungguh sangat membuat hati ini takjub akan kuasa-Nya. Masya Alloh. Jepang dengan segala kerapian dan kebaikannya yang sangat Islami, akan semakin sempurna dengan banyaknya warga Jepang Muslim. Insya Alloh. 
sumber tripadvisor
Tidak hanya gambar anime yang manis dan papan menu yang menggoda, namun terpampang juga label sertifikasi HALAL dari Nippon Asia Halal Association yang besar dan semakin menarik diri ini agar cepat-cepat memasuki rumah makan khas Muslim Tiongkok ini. 
Restoran ini terdiri dari dua lantai dan cukup luas dengan kapasitas sekitar 70 pengunjung di dalamnya, tersedia juga tempat wudlu dan ruang sholat bagi pelanggan. Setiap meja didesain cukup unik, agar dapat digunakan sebagai tempat panci besar untuk Hotpot atau Nabe dan Shabu-Shabu. 
Meja khas restoran Halal Sakura dan buku menu. Lingkaran sebelah kiri buku menu itu bisa dibuka, sebagai tempat Hot Pot dan Barbeque. Bikin Penasarankannn~

Salah satu spot ruangan diambil di malam hari. Sumber tripadvisor.
Nah, yang ditunggu-tunggu tentu menu nya dong. Apa aja sih yang disediakan ?. 
Menu dibedakan menjadi Noodles, Japanese food set, Uyghur Hot pot, Barbeque, Uyghur Style Special Food, dan Salad & Fried Food. Dan, ya, selain mencantumkan harga makanan, yang khas dari menu makanan di Jepang adalah (umumnya) tertulis juga jumlah kalori dari tiap makanan yang ditampilkan. Hmm,,,mauuu semuaa kalau saya xD. 
Kalau ga inget biaya yang dikeluarkan dan batas maksimal perut ini dalam menampung, tentu kepingin bungkus semuanya eheheh~ 

Dan pilihan kami kali ini jatuh pada Ramen rekomendasi resto ini yaitu Salty Ramen, ditambah Uyghur Ramen biar lebih nendang xD. Untuk menanyakan menu rekomendasi di tiap restoran di Jepang, bisa kamu pelajari di sini .  
penampakannya seharusnya begini.

Nah, ini penampakan karena gak sabar incip kuahnya xD.
Nah, karena lidah Indonesia harus makan nasi supaya marem xD, jadilah saya memesan juga Awa Fried Beef Set dan Uyghur K, paket makanan ini mengingatkan saya pada makanan di rumah sakir ketika saya melahirkan putri pertama saya di sini. Hmm, mungkin terlihat sedikit ‘berlebihan’ untuk menu rumah sakit ya, tapi memang begitulah adanya, bikin pasien ga mau cepet-cepet pulang kan ya :#.
Review
Untuk Salty ramen, hmm kurang nendang rasanya menurut kami. Kuah ramennya cukup kental, namun kurang nendang gitu. hehe. Sepertinya resto ini bukan spesialis ramen. 
Namun untuk olahan daging pada Awa Fried Beef Set nya sangat Mantapp Jayaaa. Enak tiada tara. Dagingnya mepuk, bumbunya berasa, ada potongan paprika yang menambah rasa nya jadi pedas-pedas crunchy gimanaa gitu. 
Nah, untuk Uyghur Kebab, rasanya mantapppp, dagingnya tebal namun empuk dengan bumbu yang enak. Kekurangannya hanya, saya agak kurang suka sama bau nya. Nuansa prengus-prengus nya masih ada, heheu~.
Jika ada rezeki lagi, mungkin mau coba menu lain yang lebih nendang seperti Barbeque, Shabu Shabu atau Uyghur Hot Pot. Tapi juga mungkin harus mengajak rekan lainnya, karena menu sebesar itu agak meragukan akan habis oleh kami bertiga saja xD.
Semoga tulisan dan review kali ini bisa sedikit membantu perjalanan kamu menemukan kekayaan wisata kuliner Halal selama di Jepang ya, dan semoga ada rezeki buat wisata kuliner kemari bersama keluarga ^_^.
Website resmi :
halalsakura dot com

2-18-11, Negishi, Taito-ku, Tokyo, 110-0003
Telpon 

03-6802-3171
Jam Operasional 11.00 a.m- 11.00 p.m.

4 Replies to “Halal Sakura, Resto Halal ala Uyghur di negeri Sakura”

Bagaimana tanggapanmu? Mari berbagi ^_^