Skincare wajib musim panas di Jepang! Bagian II (Summer skincare in Japan)

Skincare wajib musim panas di Jepang! Bagian II (Summer skincare in Japan)

Gambar diambil dari  sini

Bahasan skinker emang lagi ngeHits banget akhir-akhir ini. Kulit bersih dan glowing khas artis KPOP atau pemeran drama Jepang nampaknya masih menjadi obrolan utama  di kalangan netizen muda di Indonesia tercinta.

Pada negara empat musim, bahasan per-skincare-an nya memang selalu menarik dan membuat penasaran. Pasalnya, berbeda musim maka berbeda pula jenis dan variasi produk yang umumnya digunakan masyarakat setempat. 

Nah, perawatan kulit negara empat musim NAMUN yang paling pas dengan kondisi orang Indonesia, adalah perawatan kulit dikala musim panas!  Sebelumnya saya sudah membahas beberapa barang wajib musim panas di Jepang pada tulisan :

Skincare wajib musim panas di Jepang! Bagian I (Summer skincare in Japan)

Nah, tulisan kali ini akan membahas skincare yang mengarah ke perawatan kulit secara umum di musim yang very hot and humid di Jepang kali ini.

1. Moisturizer

Jika di tulisan saya sebelumnya telah saya bahas tentang pentingnya pengaplikasian toner pada wajah, nah kali ini adalah pemakaian pelembab atau bahasa kerennya, moisturizer. Seperti kita tahu, bahwa toner tugasnya adalah melembabkan dan mendinginkan wajah agar selalu dalam kondisi ter-hidrasi dengan baik dan paripurna. Nah, penggunaan toner semahal apapun akan dirasa percuma jika tidak ‘dikunci’ dengan baik kan? Untuk itu, tugas pelembab adalah mengunci dan melapisi cairan penyegar kulit yang telah kita aplikasikan sebelumnya tadi.

Penggunaan pelembab yang rutin diharapkan akan mampu menjaga dan mengontrol kelembaban kulit, sehingga kulit wajah terhindar dari berbagai masalah yang berkaitan dengan kulit kering atau dehydration skin, seperti berjerawat, berminyak, bahkan garis halus dan kerut keriput.

Belakangan saya baru ngeh, ternyata kulit wajah berminyak dan berjerawat itu bukan berarti karena wajah kita ‘ga perlu pelembab’ atau dalam kondisi ‘sedang lembab’ loh! Justru sebaliknya, karena lapisan kulit kita tidak terhidrasi dengan baik, maka kulit mengirimkan sinyal pada kelenjar minyak agar memproduksi minyak lebih banyak dari biasanya. Uwaaaa dan apa yang terjadi, wajah kusam dan jerawat bertebaran. Arrghhh….. >_<

Untuk pelembab yang hits di Jepang kali ini adalah.. 

Hmm, cukup sulit banget milihnya, hampir semua pelembab Jepang itu bagus. #langsungdidemo xD Tapi diantara yang terbagus itu, sengaja di sini saya pilihkan yang namanya tidak terlalu asing dan harganya masih oke di kantong kitorang yak. hehe

Hadalabo Gokujyun Hyaluron Emulsion,

Brand satu ini uda melanglang buana kemana-mana. di Indonesia pun hingga ada perusahan cabangnya. Pelembab atau moisturizer atau emulsion ini menjanjikan hyaluronic acid di dalamnya. Kemampuan hyaluronic acid ini mampu melembabkan sekaligus mengunci kelembaban kulit, menyamarkan pori-pori dan antibacterial agentnya membantu mempercepat ‘pemulihan’ kulit yang luka. Mantap betullls! 

Satu lagi yang bikin kece, sebagian besar produk Hada Labo yang dijual di Jepang ada kemasan refill nya loh, jadi lebih ramah lingkungan gaes!

Gambar diambil dari sini

 

2. Face sheets

Musim panas mana yang ga bikin wajah keringetan dan leher lengket plus bau? Apalagi di Jepang yang konon musim panasnya lembab banget dan jarang banget ada angin segar lewat. T_T Iyeuwh… 

Nah, kondisi ini ternyata juga ‘memantik’ kreativitas Jepang untuk menemukan produk unik yang dinamakan Face Sheet. Semacam produk tisu basah yang ditujukan untuk wajah dan leher yang keringetan. 

Trus diusap gitu aja di wajah? Iya. Plus ada cooling effect alias efek ademnya, jadi wajah kerasa segerrr. Gak sampai disitu, produk ini kebanyakan juga  disertai kandungan pelembab lho gaes, jadi tetap bikin wajah lembab dan yang paling penting, ga ngerusak make up! Mantap kali!

Gambar diambil dari sini
Face sheets yang dapat diaplikasikan kapanpun dimanapun. Praktis! Gambar diambil dari sini

3. Body Sheets

Musuh utama di musim panas adalah ketiak yg basah dan bau alias, burket! >,<  Ketiak yg basah, punggung yang basah dan bikin gatal hingga jerawat punggung, sampai keluhan leher yang lengket dan gerah. Industri skinker Jepang seakan paham dan peduli tentang ‘bencana lokal’ ini. Hal sederhana yang dialami hampir seluruh umat manusia, namun berdampak sangat besar pada kepedean dan citra diri seseorang. tsahh,,,citra diri segala xD

Ya iyalah, orang mana mau deketan ama yang dekil dan bau yekan, apapun latar belakangnya. iya apa iya? xD

Nah body sheets ini hadir dengan berbagai brand , varian parfum, kandungan, kemasan, bahkan dibuat sesuai gender bahkan tingkat usia yang berbeda.

 

Puluhan Body Sheets yang memenuhi pasaran Jepang. dipilih..dipilih.. Gambar diambil dari sini
Salah satu iklan Body Sheets merek BIORE yang penggunaanya bisa untuk seluruh anggota keluarga. Gambar diambil dari sini
Pemakaian Family Body Sheets BIORE. Gambar diambil dari sini
Mengubah tubuh yang panas menjadi ademmm. serasa -3 derajat Celcius. Gambar diambil dari sini

4. Face Mist

Kalau barang yang stu ini tentu tidak asing lagi, di sosial media sudah banyak influencer yang menampilkan macam-macam jenis face mist ini. Dari kisaran harga yang terjangkau himgga tak masuk akal. Dari produk supermarket hingga yang hnya dijual eksklusif di MLM.

Untuk yang paling populer di supermarket Jepang,  merek Eropa seperti Avene dan La Roche Posay berhasil merebut hati masyarakat Jepang sebagai kategori Face Mist dengan harga yang cukup ramah dengan hasil yang Ok dan menyegarkan. 

Untuk produk Jepang, yang paling sering sold out adalah face mist milik d Program dan Privacy UV Face Mist. Privacy UV Face Mist menjanjikan menyegarkan wajah tanpa merusak make up, Wow! Kelebihan lainnya, face mist ini mengandung SPF  50 loh!

Avene dan La Roche Posay face Mist, gambar diambil dari sini
Privacy UV face Mist. Gambar diambil dari sini

Nah, dari perawatan kulit musim panas di atas, barang mana saja yang pernah kamu lihat langsung bahkan coba sendiri?

Kalau belum pernah, item mana sih yang bikin penasaran pake banget nget nget dan pengen banget coba?

Atau malah menantikan summer skincare selanjutnya? :O

Yuk berbagi di kolom komentar ^^~

 

*Seperti biasa, untuk order item dari Jepang bisa langsung cek instagram: chukorosm yak ^^~

Arigatou

23 Replies to “Skincare wajib musim panas di Jepang! Bagian II (Summer skincare in Japan)”

  1. Berapa derajat suhunya kalau musim panas di Jepang Mbak? Butuh berapa lama buat penyesuaian? Untuk cuaca yang beda sama Indonesia, memang pasti butuh perawatan yang berbeda juga.

    1. musim panasn bisa sampe 40 dercel kak. hehe kurang lebih mirip2 dengan panasnya Indonesia, namun lbh lembabbb. hhe~ terima kasih bnyak y kak

  2. Face mist, face sheet masih familiar, baru tahu ada body sheet. Dulu pakai face mist dan face sheet soalnya. Gimana keadaan di Jepang sana, soalnya lagi ramai Corona. Moga keluarga Mbak pada sehat, ya

    1. kakkk, masya Alloh Aamiin Aamiin. terima kasih bnyk do’anya. semoga kita smua sekeluarga besar sll dalam lindungan Alloh SWT y kak. makasihh bnyak kak ^^

    1. Negara non Muslim sangat jarang yg memiliki logo halal kak, jadi kita bs cek dr ingredientsnya aja untuk memastikan aman tidaknya. Wallohu a’lam ^^ makasih bnyk kak.

  3. Body sheet ini yang baru dengar mbak, kalau di Indonesia ketiak biasa kasih deodorant aja ya hihihi

    1. hehe iya kak, kl uda pake deodoran tp masih bau , solusinya bs pke body sheets ini kak. hihi. makasiih y kak

    1. hehe iya kak, kl uda pake deodoran tp masih bau , solusinya bs pke body sheets ini kak. hihi. makasiih y kak

  4. Sukaa banget dg info2 kaya gini, apa krn perempuan yahh perasaan gak bs bohong, pingin selalu tampil syantik n harum terutama di depan suami. PIngin nyoba Hadalabo Gokujyun Hyaluron Emulsion sama body sheet nya ah. kl sheet maskernya udah rutin sih. TFS Mbak

Bagaimana tanggapanmu? Mari berbagi ^_^