Para-para Kukis, kukis praktis hanya dengan empat bahan.

Para-para Kukis, kukis praktis hanya dengan empat bahan.

Sudah sejak akhir Februari kami menahan diri untuk tidak keluar rumah kecuali jika benar-benar penting dan untuk berbelanja mingguan. Selebihnya, kami sama seperti yang lain, berusaha menikmati setiap perpindahan waktu bersama keluarga, #dirumahsaja. Hasilnya? Alhamdulillah per hari ini, kasus semakin turun di Ibukota Jepang. Tapi, tetap saja kami belum bisa bebas keluar-keluar kecuali untuk sesuatu yang urgent. Semoga teman-teman di Indonesia juga bisa menahan diri untuk tidak keluar rumah dulu ya! Semangat!

Nah, karena aktivitas keluarga juga jadi terpusat di rumah, si kecil pun sesekali ingin mencoba hal baru. Tak terkecuali putri kecil kami, setelah ia berhasil membuat donat ala dia, esoknya pun ia berkata bahwa ingin sekali bikin kukis! Akhirnya, berbekal searching dari internet tentang the easiest cookies ever di sini, kali ini saya tak perlu pusing untuk bermain dengan si kecil di dapur. Ya, kali ini kami mencoba membuat kukis dengan bahan yang amat sangat sederhana! Yaitu hanya dengan empat bahan aja! Empat bahan? Ya, hanya EMPAT!

Selain bahannya sederhana, caranya pun sangat mudah untuk anak-anak, lumer di mulut dan yang pasti fun! Selain itu, saya yakin, makanan bertema coklat akan selalu menarik bagi si kecil, apalagi kali ini dia bisa membuatnya sendiri. Wah! Yuk dicoba di rumah.

Waktu yang dibutuhkan : 30 menit, uda plus main-mainnya 😀
Porsi : kurang lebih 12 kukis coklat lezat.
BAHAN:
-100g (½ cup) butter/ mentega, dicairkan pada suhu ruang atau dipanaskan 10 detik dalam microwave
-50g (¼ cup) gula 
-125g (1 cup) tepung protein rendah
-15g (1/8 cup) coklat bubuk 

Cara membuat:
  1. Panaskan oven 180 derajat celcius dan siapkan tray yang sudah dialasi dengan baking paper.
  2. Campur gula dan mentega yang sudah dilelehkan, aduk dengan sendok ke dalam wadah adonan. Nah, kali ini biarkan si kecil yang ambil alih tugas. It will be so fun!
  3. Lalu masukkan tepung dan coklat bubuk, tetap dengan sendok yang digunakan sebelumnya. Setelah sudah mulai membentuk adonan, gunakan tangan untuk mulai membentuknya.

4. Bagi beberapa bulatan, taruh di atas tray dan mulai membentuk dengan garpu! Nah, mencet-mencet adonan dengan garpu kali ini cukup seru untuk si kecil, ia bisa mengkreasikan sendiri bentuk kukis sesuai tekanan garpu pada setiap kukisnya. Seru!

5. Beri tambahan topping di atasnya, bisa gula-gula, keju, kacang almond atau kreasikan sendiri dengan bahan yang ada di rumah ^_^ Nah, di Jepang, ketika anak-anak menaburkan sesuatu, selalu disertai dengan mengatakan “para-para-para” atau dalam bahasa Inggris “sprinkle”.  Jadilah kali ini kami memberi nama kukisnya dengan Para-para Kukis ^^

6. Masukkan ke dalam oven selama 12-15 menit hingga fully baked. Setelah itu keluarkan pada suhu ruang. Mungkin awalnya, adonan akan terlihat masih sedikit basah, tapi ketika dingin, ia akan mengeras dengan sendirinya. 

7. Angin-anginkan, kali ini kami gunakan wire rack agar anginnya semriwing di atas dan bawah kukis. Hehe

8. Selesai! Siap dinikmati saat berbuka. Rasanya enak, manis dan lumer di mulut. Makin mantap jika dinikmati dengan segelas air putih atau teh tawar. Dan pastinya, si kecil akan bangga karena sudah berhasil bikin kukis enak hasil kreasinya sendiri. 

Nah, mudah kan. Yuk segera dijadwalin bikin ini ama si kecil. Semoga puasanya yang tinggal beberapa hai ini bisa semakin maksimal yaa. Tetap di rumah saja, batasi informasi yang masuk, tetap update dengan berita terkini, dan tetap perhatian kesehatan dan kebahagiaan keluarga.

Artikel ini diikutkan dalam lomba Tantangan Blogging Mei IIDN. Semoga bermanfaat ^^

Kegiatan kami pada Ramadhan lainnya, bisa juga dibaca di:
Catatan Persiapan Ramadhan Balita di Jepang
Bermain & belajar dengan Baby Puzzle Jepang dan Buku Kumon Hiragana untuk usia 3 tahun 

Terima kasih banyak sudah berkenan membaca artikel ini. Semoga ada manfaat dan kebaikan yang bisa didapat dari Para-para Kukis, kukis praktis hanya dengan empat bahan kali ini. Saran kritik bisa langsung ke surel vidyayupi@gmail.com, atau instagram @vidyagatari . Terima kasih ƪ(ˆ▽ˆ)ʃ

Sumber:

Chocolate fork biscuits

 

3 Replies to “Para-para Kukis, kukis praktis hanya dengan empat bahan.”

  1. senengnya kalo bisa bikin sendiri kukis kukis ini ya, aku suka sama kukis coklat, bisa aku habisin sendiri malahan

Bagaimana tanggapanmu? Mari berbagi ^_^