Jidouhanbaiki : Si Kotak Ajaib dodol sembarang kalir

Jidouhanbaiki : Si Kotak Ajaib dodol sembarang kalir

 
gambar diambil dari pinterest.
 
 

Automatic vending machine sudah sangat populer di kota-kota besar di Indonesia. Dapat dijumpai di tempat-tempat umum sebagai mesin penjual minuman dingin/soda. Namun tahukah kamu, di negara asalnya, mesin ini tak hanya menjual minuman dingin saja loh. Apa aja isinya? Yuk kepoin.

 
Jika kamu adalah salah satu yang mampir ke sini karena membaca judul nyeleneh di atas, terima kasih saya ucapkan :p. Saya juga bingung dengan benda ini, hampir semua kebutuhan bisa tersedia di kotak ajaib ini. Dari yang “wajar”, sampai dengan benda yang tak terpikirkan pun dijual di mesin ini. Saking beragamnya, saya jadi gemes menamai mesin ini sebagai kotak yang dodol sembarang kalir (jual beraneka ragam barang).
 
Nama aslinya adalah Jidouhanbaiki, di kalangan anak muda (saya anak muda :p) lebih popular dengan nama yang disingkat menjadi JiHanKi, adalah vending machine atau mesin otomatis yang menyediakan makanan ringan, minuman dingin, bahkan lottery dengan cara yang praktis dan otomatis, tanpa memerlukan banyak tenaga manusia dalam prakteknya.
 
Tidak susah bertemu dengan Jidouhanbaiki ini, apalagi kalau kamu sedang berkesempatan menjelajahi kota-kota besar di Negeri Matahari Terbit ini. hmmm,,, keleleran kalau mbah saya bilang.
 
Yang paling umum dan sudah sering kita tahu tentu saja Jidouhanbaiki yang menjual minuman, kira-kira bagaimana bentuk dan variasinya? minuman apa saja yang dijual?
 

Minuman yang paling umum dan hampir selalu ada di tiap mesin ini adalah Teh hijau Jepang atau ryokucha yang terkenal segar (namun sedikit pahit bagi lidah saya xD ). Tidak perlu dipertanyakan lagi bagaimana penduduk asli Jepang sangat mengagumi minuman kaya anti oksidan dan rahasia kulit cantik,badan singset ini xD. Apalagi di musim panas, setiap orang yang keluar dari supermarket atau di depan mesin ajaib ini akan menenteng sebotol  teh hijau dingin yang menyegarkan.

Jidouhanbaiki dengan gambar WAON, icon dari salah satu Pusat perbelanjaan terbesar di Jepang yang juga memiliki banyak cabang di negara Indonesia, AEON (baca: ion).

 

Tak dipungkiri, desain mesin jidouhanbaiki yang unik, lucu, dan biasanya bergambar karakter terkenal tertentu, sangat menarik pembeli untuk berhenti sebentar, sekedar melihat-lihat betapa lucunya karakter tersebut, dan bisa ditebak, ujung-ujungnya beli deh. xD ~

Trik marketing yang cucmey 😀 
 
Si comel Pikachu sangat mencolok diantara mesin sebelahnya yang polos.

Deretan Jidouhanbaiki. Umumnya setiap mesin dimiliki oleh beberapa perusahaan penyedia yang berbeda. Jadi Produsen harus mendesain dan menjual barang semenarik mungkin untuk menarik pelanggan.
 

Pria: Neng, mau minum apa?.
Wanita: Neng mau Abang slalu di sampung Neng aja deh, Bang.
Pria : ah, si Neng bisa aja. Abang jadi malu :’)
Wanita: Iyalah Bang, kan abis ini kita ke emol, Bang. ntar Abang kan yang bayarin belanjaan Neng.
Pria: bziiiing -___-“
 
 
Umumnya, mesin Jidouhanbaiki ini juga dilengkapi dengan tempat sampah khusus botol dan kaleng di sampingnya. Tempat sampah disediakan untuk memudahkan pelanggan yang kebetulan langsung menghabiskan minuman di tempat ( xD ), supaya tidak “repot membawa” sampah kemasan minumannya. Walaupun tidak jarang juga,  beli di mesin A, tapi buangnya ntar di mesin Z. Biasanya dilakukan bagi yang ga kuat menghabiskan 500ml air dalam waktu yang singkat, seperti saya xD.
 
Foto di bawah ini adalah Jidouhanbaiki di nursing room salah satu pusat perbelanjaan, tampak jenis pilihan minumannya pun disesuaikan dengan “kebutuhan pengunjung nursing room”, yang umumnya didominasi oleh Ibu dan bayi/anak-anak. Jadi pilihannya ya teh hijau, milk tea, jus buah, yaku*t, dan minuman booster ASI lainnya biar Mamah hepi.

Jarang ditemukan pilihan minuman bersoda di tempat seperti ini, yakali Ibu menyusui minumnya Coca co*a  (>w<).

Jidouhanbaiki di area nursing room.

 

Umumnya, Kotak ajaib ini hanya menjual minuman dingin saja. Namun ada juga yang menjual minuman panas dan dingin loh !. Canggih ya! Masya Alloh.

Trus bedanya apa?. Coba perhatikan gambar kotak ajaib di bawah ini. Baris pertama dan kedua, di bawah botol sebelum tombol terdapat bar berwarna biru yang berarti DINGIN. Nah, baris terakhir, dia memiliki bar berwarna MERAH yang berarti hot atau panas, paling dicari kalau cuaca lagi dingin.

sampah kemasan minuman siap tersedia di samping mesin ajaib ini. Harap PERHATIKAN jenis sampahnya ya! ^_^
sebelah kiri untuk botol kaca dan kap kertas, sebelah kanan untuk kaleng dan botol plastik.

 

Ada juga jenis Jidouhanbaiki yang menjual minuman dalam kotak seperti di bawah ini.

 

Dan, ada juga yang menjual dalam bentuk kap mini. Ini menurut saya canggih sih. Saya sampai mengira, apakah di dalam mesin ini ada orang yang mempersiapkan minuman yang dipesan?. Menuang air panas dan mengaduknya gitu?. Soalnya hanya butuh waktu sekitar SATU MENIT aja, tiba-tiba ada gelas yang keluar dari mesin dalam keadaan panas seperti baru dibuat. Amazing!

Masya Alloh.

Banyak pilihan dan disajikan dalam kap mini yang mengherankan xD.

tara! siap minum.

 

Selain minuman, ada juga mesin yang menjual rokok. Nah, pasti bertanya-tanya, berarti kalau anak kecil bisa beli secara bebas dong?. Enggak kok Kakak. Untuk membeli di mesin ini dibutuhkan kartu dan harus registrasi umur serta data keterangan lainnya. Jadi hanya orang-orang tertentu aja yang bisa membelinya. Keren kannnn!

Mesin otomatis penjual rokok untuk dewasa.

dua dari kanan adalah mesin penjual rokok.
 

Nah, bagi pecinta es krim, jan khawatir. Ada juga mesin yang menyediakan es krim beraneka rasa, beraneka harga xD . Bagi yang Muslim, harap berhati-hati jika tertulis varian rasa yang jelas-jelas tidak boleh ya, seperti rasa bir, rhum, dsb.

variasi es krim yang sulit untuk dihindari xD.
  
 
Lalu, di bawah ini dia menjual snack atau makanan ringan. Dari dorayaki(kue tradisional Jepang kesukaan Doraemon) sampai jajan hits Koala Mar*h pun ada.
 
 
yak, mesin sedang menjemput orderan kami. Koala Mar*h desu!.
 
Selanjutnya, selain makanan, mesin ini juga menjual benda lain, yang saya takjub dan tidak menyangka bakal dijual di Jidouhanbaiki. Diantaranya adalah, POPOK BAYI !. Bahkan saya tak pernah berpikir popok bayi akan dijual di mesin pintar seperti ini, namun faktanya mesin ini sangat membantu dan paling dicari para Mamah Papah muda di pusat perbelanjaan, terlebih ketika popok buah hati mereka penuh dan lupa bawa stok popok ganti. Excellent!

Baris atas menjual jus bayi dan baris selanjutnya berisi jenis popok bayi dengan beragam ukuran dan harga. Mantap!.
 

Ini juga, siapa yang bakal mengira Jepang juga memikirkan sejauh ini dalam berdagang. Di salah satu stasiun dekat dari tempat tinggal kami, kami menemukan kotak Ajaib yang menjual Handuk kecil, Tisu, Masker bahkan (maaf) pembalut wanita. Hal kecil yang jarang kita bawa, namun seringkali kita butuhkan juga secara mendadak. Iya kaaann~

Dari kiri, Handuk kecil, Tisu, Masker dan Pembalut wanita.
 
Nah ini juga salah satu kotak Ajaib yang selalu menarik putri saya untuk berdiri sambil merajuk cukup lama di depan nya. Jidouhanbaiki dengan gambar karakter utama ANPANMAN timbul, dengan variasi minuman jus buah yang beraneka rasa. Karakter ini adalah satu favorit anak-anak di Jepang, sedikit keterangannya bisa diintip ditulisan saya berikut ini Museum Anpanman.
 
Baca Juga:
 
Nyumm,,,enak Bu. xD.
 
Selanjutnya, ada juga si cantik Hello Kitty yang “menjual” Popcorn! Tergemashh >.<
 
Tampilan menggemaskan ini  dilengkapi dengan musik khas nan ceria dan Hello Kitty yang menggoyangkan kepala ke kiri- kanan, sambil tangannya bergerak seperti sedang memasak popcorn langsung dihadapan pembeli.
Popcorn yang dijual langsung siap santap dalam 60 detik saja. Dimasak di dalam mesin dan langsung dipacking dengan wadah dengan warna dan motif berbeda sesuai rasa yang dipilih (caramel, butter, plain). Tidak termasuk rasa yang dulu pernah ada xD
 
Pada kemasannya juga tertulis lengkap tentang komposisi dan tanggal kadaluarsa nya.  Nyummyyy~~
 
Hello Kitty si penjual popcorn yang oishii !.
 

Dan sebagai penutup, menurut saya ini adalah Jidouhanbaiki paling modern dari yang lainnya. Karena Kotak Ajaib ini dilengkapi dengan layar touch screen, yang bahkan bisa men-scanning calon pembeli dan memilihkan varian mana saja yang paling cocok untuk dipilih berdasarkan gender, bahkan usia dan penampilan. Wow! Canggih beut kan!.

Touchscreen Jihanki.
 
Pernah suatu kali di musim dingin saya menghampiri mesin ini, dan yang dipilihkan untuk saya adalah minuman teh hijau, padahal saya pinginnya coklat panas. Kata suami, mungkin saya lebih cocok minum teh hijau. Kenapa kira-kira? Apa karena badan saya terlihat lebih “besar” karena mengenakan jaket tebal ini? Eh, jadi ini menyarankan atau menghina saya nih mesin? Haha…jadi panjang kan urusannya kalau ama wanita xD.
 

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan sederhana ini. Kalau kamu, bagaimana pengalaman mu dengan vending machine?.

Apa pernah lihat kotak Ajaib ini menjual berbagai pilihan Nasi bungkus?
Nyummm,,,sepertinya mantap kalau ada Jidouhanbaiki ala warung. Eh, tapi ntar tenaga manusia yang dibutuhkan bisa sedikit berkurang dong?. Atau malah seru, karena bisa lebih cepat dan efisien?.
Bagaimana menurut teman-teman? :-/

45 Replies to “Jidouhanbaiki : Si Kotak Ajaib dodol sembarang kalir”

  1. keren, jadi inget saya lihat mesin ini di stasiun depok, isinya minuman, coklat, jadi kepo lihatin mesinnya dari luar, lihat harganya lebih mahal kalo beli di warung, ga jadi beli deh hihi

    1. wkwk iya mb, kl di Indonesia mending di warung aja y mb. mensejahterakan usaha kecil menengah ehehe. terima kaish mb ?

    1. hhe masya alloh. di Indonesia mah uda keren juga mb, ada bnyak aplikasi di hp yg bikin makin nyaman buat beli2 y mbak hihi~ terima kasih mb ?

  2. kalo di indonesia namanya warung sembako apa aja ada. sekarang banyak diganti jadi alf*mart atau ind*mart wkwkwk. tapi tetap aja kalah maju. Jepang udah pakai mesin kita mah masih pakai tenaga manusia. Biar enggak banyak yang ngangur, hehe.

    1. wkwkw iy Mb Steffi, msg2 negara tingkat kemajuannya beda2 y mb heheu. krn di Jepang populasi manusianya jg ga sbnyak Indonesia, jd lah ada mesin2 canggih ini. hehe.
      Terima kasih bnyak mb Steffi ? Oia mb, selamat kmrin menang Lomba Blog y mbak, keren bgt mb Steffi????

    1. hehe betul mb. teh hijau dan teh oolong mmg tergolong minuman kesehatan, asal tdk dtmbhkn gula sama sekali. ? terima kasih bnyk sdh brkenan mampir kmbali mb ^^

  3. Ya Allah Jepang mah emang jagonya, ya. Gak sia-sia dari SD dulu punya cita-cita ke Jepang meski belum kesampaian hehehee…. Coba anakku lihat yang beginian, pasti semua pengen dibeli kwkwkwk..
    Saya pernah coba vending machine minuman di Bandara Soetta dulu, kopi dan cokelat panas kalau gak salah.
    Kebayang aja kalau di Indonesia semua warung yang berjajar di jalan diganti mesin macam ginian kayak apa, ya? heheheeee

    1. wah ada cokelat panas juga ya mbak di vending machine Soetta ?. semoga bs segera jajan jidouhanbaiki bersama si kecil dan kelg di sini ya mb??terima kasih banyak mb.

  4. Di Indonesia memang baru minuman saja ya mba yang paling banyak ditemukan.
    Kalau menurut aku dengan mesin lebih praktis. Tenaga manusianya kan bisa dialihkan untuk produksi barang yang dijualnya. Hehe

  5. Waahh beneran kotak ajaib. Jualannya aneka macam pula sampai ada popok segala, hohohoh.
    Ehtapiii, berarti di Jepang masih bebas jual rokok gitu ya di tempat umum, meski harus pakai kartu yg dan registrasi umur.

  6. Wah makin canggih saja ya mesinnya Mbak, nggak cuma mengeluarkan minuman tapi makin beraneka saja jenis makanan/minuman yang dijual. Eh tapi di sini, saya belum menemukan mesin yang bisa mengeluarkan makanan seperti si kotak ajaib jidouhanbaiki ini. Cuma sering liatnya di TV saja.

  7. Benar-benar ke depan jaman digital semua serba robot. Tenaga manusia bnyk yg gk terpakai. Hihi klu mesin kotak minuman sdh ada di bbrpa tempat vital sprti di bndara. Ya mg2 berdmpak.baik

    1. hehe~ tp tdk bs disamaratakan semua negara sepertinya mb. di Jepang penduduknya lbh sedikit, jd prlu bntuan mesin dlm keseharianny mb. hehe~ terima kasih mb Nyk ?

  8. Seru mbak vending machinenya, kayak kitak Dora Emon, apa aja ada. Kalo saya pilih beli di indomaret aja, takut salah mencet. Vending machine yang pernah saya coba cuman yang buat beli karcis kereta. Itu juga masih diajarin ama mas-masnya …??

  9. Wah, keren Mbak vending mesinnya. Kayak kotak Dora Emon, apa aja ada. Kalo saya pernsh pake vending machine yang buat beli tiket kereta dalsm kota. Itu juga masih diajarin ama satpam.

  10. Kwkwk, sempat salah mengartikan..kirain dodol makanan, ternyata dodol jualan. Mbak keren banget ih bisa keleleran di Jepang 😀 saya juga mau dong di-kelelerin di sana…haha *Apa sih hihi

    1. wkwk iya mb, asal ngepasin aja kata2nya xD. mbak Muyass lebih keren tulisannya dimana-mana, smoga nular ke saya y mb ?hehe. kabar2 kl main ke sini mb Muyass ^^~

  11. Saya ngikik baca judulnya: Dodol Sembarangan Kalir.
    Itu mah bahasa daerah saya banget 😀

    Saya pernah kiat mesin ajaib ini di area masjid besar di Kota saya. Tapi waktu itu mesinnya dimatikan sehingga saya ga jadi nyobain.

    Mungkin kalau di Indonesia mesin ini belum akan populer karena tenaga manusia masih banyak, tdk seperti di Jepang. Di kota2 besar boleh lah. Tapi kalau kota kecil, warung2 kecil masih banyak yg bertahan.

    Anyway, nice info. Jadi pengen mampir ke Jepang. Eh, mampir pula. Kayak ke warung sebelah rumah aja, hehe

    1. wkwkw,,jangan2 kita se-daerah mb Tatiek. hehe ?.

      betul2 mbak, saya setuju dgn pendapat mbak. Karena di Jepang penduduknya tdk sebanyak di Indonesia, jd mesin2 ini sngat mmbntu keseharian masyarakat di sini. Klo di Indonesia, ga usah mesin lah..hehe~

      Aamiin mb. kabar2 kl mampir sini ya mbak, ntar nyobain mesin ini atu atu ehehe~
      terima kasih bnyk mb Tatiek ?

  12. Favorit Danesh ini mah, ketika awal tinggal di Jepang, bolak-balik tiada henti. Padahal emaknya sudah kekeupin uang jajan, hihihi.

    Nice story…..arigatou

    1. kak Dee,,maturnuwun sangett???⭐️
      jngankan kak Danesh, saya aja masih sering khilaf kl berada tepat di depan mesin canggih ini . benar2 canggih dan ajaib. Uang saya tiba2 berkurang drastis klo di depannya ?

Bagaimana tanggapanmu? Mari berbagi ^_^