Mbak Kasir yang huwaayuu (Balada Mbak Kasir yang cantik tapi jutek)

Mbak Kasir yang huwaayuu (Balada Mbak Kasir yang cantik tapi jutek)

Di tempat saya tinggal, hampir semuuwawaaaa kasir itu ramah dan murah senyum. Dah pokoknya hmpir semuwaawaa (‘semua’ versi ga santuy).

Etapi pernah sesekali ketemu kasir yang juwuteekk abis, padahal mah cuwantik kayak member AKB48.

Ada pelanggan ibu-ibu, dia jutek
Ada pelanggan mbak-mbak, dia ketus
Ada pelanggan cowo macam personil iKON pun, dia tetap judes

Tidak sampai di situ,
Ga hanya ketus, seperti layaknya wanita yg kedatangan siklus rutinnya, cara dia mindahin piring pun terdengar kasar.
Pating krompyaang!

Dah kayak kalo cewe ngambek gitu gimana sih,

Diam
Suaranya senyap
namun dalam waktu dekat, bisa saja terdengar suara keras bagai bom yg datang tiba-tiba

brak bruk
klonthang
krompyang
badumdesss

Dan tiba giliran saya bayar belanjaan saya ke Mbak Kasir tersebut. Kalau sikap saya biasa aja seperti pelanggan-pelanggan sblumnya, pikir saya, tentu saya akan dapat perlakuan yang kurang lebih sama.

Padahal yang sebelum-belumnya itu dandan rapi, klimis, wangi. Nah saya? ga perlu dijelaskan lah ya teman-teman 😂 
Bisa-bisa saya dapat judes jutek dan ketusnya sekaligus. Wah, ga mau lah saya. Ntar kalo baper gimana 🥺🥺

Akhirnya, saya kepikiran sesuatu. Dengan berbekal bahasa yang pas-pasan,

Saya: 😺
Mbak Kasir: 👩🏻‍💼

😺: Emm..Selamat siang.

👩🏻‍💼: (langsung ambil dan scan barang yg saya ambil, tanpa senyum sapa dan salam). Semuanya 345yen. Bayar sebelah sana.

😺: Oh ya, Terima kasih. Nganu, permisi….

👩🏻‍💼: Ya (masih tanpa senyum)

😺: Mbak nya cantik banget (ucap saya pelan-pelan, khawatir juga kalau mbaknya tambah nesu (marah😂)

Dan, ajaib! Wajah mbaknya yang emang putih bersih banget, ntah karena wudlu pke SK** atau gimana itu, mendadak bersemu merah jambu 😲😲

Suaranya menjadi lebih lembut dan sekarang disertai dengan kedua ujung bibir yg tertarik membentuk senyuman.

👩🏻‍💼: Oh, Terima kasih. (senyum lagi) Bayarnya di sebelah sana. Mohon datang berbelanja sini lagi ya.
(Ucapnya dengan telapak tangan yang ditengadahkan ke arah mesin bayar otomatis).

Wajahnya sempat kaget, sedangkan saya pun tak kalah kagetnya dengan perubahan itu.

Wow! Sangar ya gaes. Mbaknya bisa henshin/berubah dengan cepat, secepat Power Rangers berganti kostum.

Saat itu, mungkin saja yang sedang dia perlukan untuk mnjadi seseorang yang menyenangkan, adalah pujian. Saya tak sedang ingin berdebat tentang pujian. Tapi dalam hal ini, mungkin satu atau dua patah kata yang bisa berefek menenangkan, sehingga membuatnya jadi seseorang yang jauh lebih menyenangkan.

Bukan gombalan lo ya. Ngapauuuun jg ceue gombalin ceue 🥴

Gambar diambil dari sini.

Mungkin saja dia sedang terbebani banyak masalah di rumahnya, banyak tugas di kampusnya, atau mungkin sedang menahan ke toilet 🚽. Who knows 🤷🏻‍♂️

Yang awalnya beliau terlihat menakutkan, tiba-tiba bisa bersemu merah dan ramah. Dan tambah huwayuuuu masya Alloh gaess. Dari kejadian sederhana di atas, satu pelajaran yang bisa saya ambil adalah…

Jadi betul lah, selama ini Tuhan YME selalu menebarkan ilmu-Nya berhamburan di sekitar kita. Ada beberapa ilmu yang porsinya terlihat lebih sedikit dari yang lain, tapi bukan berarti ia pantas untuk disepelekan.

Jika kita mau sedikit lagi lebih peka dan tajamkan indera, sungguh bnyak ilmu tak terlihat yang jika dipelajari akan mnghasilkan hal besar yang sangat istimewa. 🌟 

Tentang pesan-pesan hidup masyarakat Jepang lainnya, bisa dibaca di sini:
Mengapa orang Jepang sering meminta maaf ? 
Syukur dan Optimisme masyarakat Jepang dalam sepiring nasi. 
Mamachari, potret kemajuan dan kesederhanaan Negara Jepang.

 

Jadi, sudah belajar apa teman-teman hari ini? Sudah membuat orang tersayang tersenyum kah? atau sudah bisa berubah jadi Power Rangers? #ehh :3

Terima kasih sudah berkenan membaca dan berbagi di kolom komentar. Untuk kritik saran, bisa langsung ke surel vidyayupi@gmail.com atau instagram: @vidyagatari . Doumo arigatou!

49 Replies to “Mbak Kasir yang huwaayuu (Balada Mbak Kasir yang cantik tapi jutek)”

  1. Hahahaha iya sih, kayaknya dia sedang ada masalah :D. Selama aku di Jepang, dari Utara Ampe selatan, aku blm prnh Nemu kasir atopun orang2 yg kerja di public place gini jutek. Semuanya ramaaaaah banget. Makanya mungkin aku bakal kaget kalo nemu yg kayak si mbak itu :D.

    Semua org pasti seneng dipuji :). Walopun bagi yg udh keseringan, bakalan dianggab gombal kali yaa hihihi…

    1. kayakny begitu y kak 😂 jd sbnernya orang jutek itu ga ada, mgkn bisa jadi kita yg kurang peka 😃

      wahhh,, so lucky kak!🍀 saya malah blm pernah ujung ke ujung seperti kak Fanny ❤️ 😍dan iya, mayoritas pelayan publik di sini sll senyum dan ramah. Jd kl nemu satu aja yg ga ramah, rasanya aneh 😆

      iy kak, apalagi pujian ttg hal yg selama ini sedang diusahakan. Wahh rasanya pasti luar biasa!✨
      😍🌹

      terima kasih banyakk sudah berkenan mampir dan berkomentar di sini y kak Fanny. smg sehat2 sll sekeluarga besar ✨🙏🏼🌹Aamiiin

    1. Hihi betul sekali Kak. hal sepele tapi berarti bgt. hehe terima kasih banyakk sudah berkenan mampir dan berkomentar di sini y kak, smg sehat2 sll sekeluarga besar ✨🙏🏼🌹Aamiiin

  2. Terkadang sayang ye Mbak cantik-cantik tapi jutek, coba senyum dikit pasti lebih cantik hehe

    Mungkin di di rumah lagi banyak problem hingga di bawa ke tempat kerja makanya bawaanya mau makan orang alias jutek.

  3. Waah jd pgn peluk jauh mbak kasirnya deh. Mungkin lg byk masalah atau butuh perhatian ya mbak. Buktinya disanjung begitu lgsg berubah macam power ranger secepat kilat. Wkwkw
    Terima kasih mbak sudah mengingatkan untuk membuat orang lain tersenyum. Kadang aku kl bayar di kasir dg kasir yg jutek ikutan jutek huhu 🙁

    1. Hehe kak Ella xD kocak bgt komennya. Sami-sami kak. terima kasih banyakk sudah berkenan mampir dan berkomentar di sini, smg sehat2 sll sekeluarga besar ✨🙏🏼🌹Aamiiin

  4. Pujiannya manjur ya. Bikin Mbak kasirnya langsung berubah dan tambah cantik deh. Hehehe.
    Senyum terus ya Mbak nya.

    1. Alhmdllh mantra saya bekerja dg baik kakk wkwkw xD Siap senyum kaka. hihi. terima kasih banyakk sudah berkenan mampir dan berkomentar di sini y kak, smg sehat2 sll sekeluarga besar ✨🙏🏼🌹Aamiiin

    1. bisa jadi kak . hihi terima kasih banyakk sudah berkenan mampir dan berkomentar di sini y kak, smg sehat2 sll sekeluarga besar ✨🙏🏼🌹Aamiiin

  5. Noted nih, bisa jadi orang yang jutek itu baru PMS, sakit gigi, ada beban hati atau pikiran, setidaknya biarkan kita membuka hati serta pikiran untuk lebih peduli. Keren kakak 😊.

    1. hihi iya kak, melatih empati y kak. Terima kasih kak Litha, smg sehat2 sll sekeluarga besar ✨🙏🏼🌹Aamiiin

  6. hehehe kejadian kayak gini mayan sering juga ditemui, pernah ada mbak mbak penjual tiket bioskop wow judes banget mukanya, ehh temen pernah cerita kalo temennya pernah nyemprot si mbak ini, sampe pengen nemuin atasannya, saking keselnya sama pelayanan dia

    1. hihi,,kl liat orang sebel emang bikin kesel y kak. Hihi,,lain kali mgkin bs dipuji aj kak hehe terima kasih bnyk kak ^^ sehat2 sll

  7. waduh kok saya banget itu, pengalamanya faham betul kalaiu jaga toko. emang sih mbak, hawa-hawa hati sama fikiran selalu kebawa kalau lagi kerja hehe

  8. wah bisa jadi mbaknya sedang bad mood atau capek nah begitu dapat pujian jdi semangat lagi ya mbak, kata kata positif memang mujarab.

    Mba, Mohon maaf lahir dan batin ya semoga kita dipertemukan dengan Ramadan tahun depan dengan situasi yang jauh lebih baik lagi 🙂

    1. betul2 kak, alhmdllh mujarab. Aamiin.. Maaf lahir bathin jg kak Meykke ^^~ sehat2 sll sekeluarga y kak. terima kasih bnyak.

  9. Ternyata gampang juga ya bikin lumer si Mbak kasir yang jutek itu? Memang untuk mendekati orang itu ada caranya masing-masing yang harus dipelajari dulu. Biarpun orang jahat juga selalu ada sisi baiknya.

  10. Bad mood karena banyak masalah deh kayanya, si mb kasir yang ayu. Memang perbuatan atau perkataan baik sekecil apapun itu, sering kali sangat berarti bagi orang lain. Walau bagi kita bukan apa2.

  11. Ah, iya, Mbak Vidya, saya pun pernah nemuin yang model begini. Kasir cantik tapi somse, kadang saya bete juga udah saya Senyumin tapi dianya lempeng aja, hihi … baiklah kalau begitu ..

    1. Yah, kl kitanya uda senyum tp sana masih jutek yaweslah Kak hihi, yg pnting niat baik kita sdh trsampaikan ^^ makasih bnyak kak ✨

  12. huaaa, efek pujian yang tulus ya Mbak.
    jadii, udah balik belanja kesitu dan ketemu Si Mbak Kasir ini kah Mbak? jadi penasaran, akankah ada cerita lanjutan ini? 😀

    1. wkwkw, sayangnya itu terakhir kali ketemu bliau dan belum blnja ke sana lg kak xD
      terima kasih dah mampir kak Diah ✨

  13. Wahhh, perlu dicoba nih tipsnya, wkwkwk. Kebetulan kasir minimarket deket rumah ada yang model begini. Pelru nih dkasih rayuan model huayuuuuuuuu, kekeke

  14. Kalau daku mikirnya mbak kasir jutek karena mau ke toilet 😁, soalnya kebayang deh diri kita yang nahan kebelet ke toilet tapi tetep harus kerja fokus jangan sampe kelebihan atau kurang bayar.. curcol karena pernah jadi teller 😂

    1. Nah, bisa jadi kak, apalagi kasir hrs berdiri terus ya kak. Terima ksih bnyk dah berbagi kak, jd kita bs lbh empati di posisi Mbak Kasir. hehe ✨

  15. Wahhh, sederhana tapi mengena banget ya efek pujian ini, apalagi kalau tujuannya untuk menyenangkan hati seseorang, kita pun kecipratan pahalanya juga ya mba. Baca ini lucu deh, jadi sadar penting banget untuk selalu posthink tanpa menjudge seseorang dari awal 🥰

    1. Betul ka, hal sepele tp insya Alloh ada kebaikan di dlmny y kak . Hihi alhamdulillah, terima kasih kak ✨

  16. Sharing ringan tapi berfaedah buanget.

    Saya sering bingung mau nulis apa diblog saya. Ternyata sharing-sharing pengalaman harian pun bisa sangat bermanfaat ya mbak.

    Terimakasih pencerahannya🙇

    1. Betul sekali kak, hal sederhana pun insya Alloh ttp ada mnfaatnya ya kak. Semangat menulis kak 🌹hehe~ terima kasih kak ✨

Bagaimana tanggapanmu? Mari berbagi ^_^