Tips Rahasia Memenangkan Lomba Blog ala Teh Zahra (Ngobrol Seru FLP Jepang #9)

Tips Rahasia Memenangkan Lomba Blog ala Teh Zahra (Ngobrol Seru FLP Jepang #9)

Yang ikut lomba blog itu bisa ratusan,

dan jurinya itu cuma ada tiga atau empat orang,

dan mereka harus membaca tulisan sebanyak itu.

Lalu, gimana cara kita bisa memikat ketertarikan mereka terhadap tulisan kita?”

Kurang lebih itu salah satu petikan kalimat Teh Zahra yang paling mengena bagi saya. Tentang bagaimana kita dapat menjaring ketertarikan pembaca terutama Dewan Juri Lomba Blog untuk mau berhenti pada tulisan kita, lalu membaca, bahkan menikmati setiap kata yang kita ketik hingga baris terakhir.

Baca juga:

Spread Love, not Hate

Mbak Kasir yang huwaayuu (Balada Mbak Kasir yang cantik tapi jutek)

Suatu kebahagiaan dan rezeki dapat mengundang dan belajar langsung dengan Teh Zahra Rabbiradlia dalam acara Ngobrol Seru FLP Jepang yang dipandu Kak Nadia pada bulan Agustus 2021 lalu.

Acara live instagram rutin FLP Jepang dibuka tepat pukul 20.00 JST oleh Teh Zahra. Tema yang diangkat kali ini adalah Tips Memenangkan Lomba Blog ala Teh Zahra. Kak Nadia Hasna sebagai moderator juga pernah menggeluti dunia blog sejak 2009, pengetahuan kak Nadia tentang dunia blog nantinya akan membimbing Ngobrol Seru kali ini menjadi lebih asyik!

Teh Zahra, pemilik zahra-rabbiradlia.com adalah seorang lifestyle blogger, travelling, health and beauty product. Pernah mengikuti banyak lomba blog dan beberapa diantaranya keluar sebagai pemenang sebanyak sembilan kali. Pernah mengisi acara dari blogger nasional dan sering menerima tawaran mengulas review product & website dari agency. Sebelumnya pernah bekerja selama tujuh tahun di perusahaan farmacy yang di dalamnya dara Bandung ini mendalami tentang kesehatan, marketing hingga review product. Beliau juga merupakan lulusan Sastra Inggris di Universitas Terbuka.

Sebagai tambahan informasi, Teh Zahra dan Kak Nadia juga merupakan pengurus pada bagian Divisi Karya dan Kaderisasi FLP Jepang.

Poster Ngobrol Seru FLP Jepang

Teh Zahra suka menulis sejak kecil dari buku diary nya, namun mulai serius dalam blog pada tahun 2014 dalam blog TLD (top level domain). Beliau mulai mengikuti beberapa kompetisi yang membawa beliau pada prestasi demi prestasi, semenjak itu beliau semakin dikenal oleh agency dan beberapa daerah untuk mereview daerah tersebut (bidang pariwisata).

Menurut dara asli Bandung ini, kendala ngeblog pada awalnya ada pada teknik, tentang bagaimana membuat blog dan bahan untuk menulis. Setelah blog jadi, menurut beliau, kendala utamanya justru ada pada diri sendiri🥺 Seperti jika ketika memiliki problem, yang berakibat membuat tidak bisa berpikir kreatif dan berakibat harus “ meninggalkan sejenak” blog. Pada lomba blog juga seringkali ada rintangan yang harus segera diatasi, yang terjadi biasanya adalah rasa minder dengan blogger lain yang dirasa lebih keren dari kita.

Lalu, kenapa sih kita HARUS ikut lomba blog?🧐 

  • 1. Tergiur dengan hadiah. Karena kita pasti akan bersyukur dan senang dengan mendapatkan sesuatu dari hasil kerja keras kita sendiri.
  • 2. Karya kita diapresiasi. Karya kita dibaca oleh banyak orang, juri yang ditunjuk oleh agency tertentu, karya kita dibaca oleh orang-orang hebat. Itu suatu kesenangan dan kebanggaan tersendiri.
  • 3. Meningkatkan performa blog. Jika ingin blog dikenal banyak orang, kita harus show up. Dan shortcut terbaik adalah dengan ikut lomba blog. Kita akan dikenal banyak orang karena karya kita. Dan orang-orang akan penasaran, “Dia nulisnya gimana ya sehingga dia bisa jadi JUARA?”

Akibatnya, akan banyak pengunjung di blog kita dan meninggalkan jejak, yang mengakibatkan performa blog kita di Google pun akan naik! Singkatnya, kompetisi blog ini, kita menang ataupun kalah, itu akan sama-sama memberikan kebaikan untuk kita dan blog kita.

Jika kita rajin menulis blog juga dapat menambah jejaring di dunia blog. Nama kita dikenal, kita dan teman-teman dapat saling meninggalkan jejak komentar pada blog masing-masing. Singkat kata, tidak ada ruginya ikut lomba blog.

Tampilan blog Teh Zahra

Kunci rahasia ala Teh Zahra untuk memenangkan lomba blog ?

Nah, sampailah pada pembahasan inti tentang, Apa saja Kunci rahasia ala Teh Zahra untuk memenangkan lomba blog ?

Saran dari Teh Zahra yang sudah malang melintang di dunia blog ini hanya ada dua,yaitu memiliki attitude yang baik dan mengetahui teknik menulis di blog.

1. Memiliki attitude yang baik. Terkait dengan sikap dan cara pandang kita terhadap kompetisi yang akan kita ikuti. Sikap yang harus dimiliki blogger jika ia ingin berhasil di dunia blog adalah,

  • a. Harus mau belajar dan sering membaca blog orang lain. 

Pelajari pattern menulis blog orang lain. Apalagi zaman sekarang, blog itu banyak desain grafisnya, jadi harus mau belajar desain grafis (Canva, corel, photoshop, dll). Keinginan terus belajar harus dipupuk, karna sebuah tampilan blog akan semakin berkembang.

  • b. Jangan menyerah.

Langkah terbaik adalah jangan menyerah, kalah lagi coba lagi, kalah lagi coba lagi. Pelihara rasa yakin dan jangan menyerah.

  • c. Harus Jujur.

Jujur menulis sesuai dengan pola pikir dan cara pandang sendiri. Jangan pernah copy paste tulisan orang lain. Cara terbaik adalah metode ATM (amati tiru modifikasi), modifikasi dengan pengalaman dan ciri khas orisinil tulisan kita sendiri.

  • d. Kritis

Kritis terhadap tulisan kita sendiri. Cek kembali tulisan kita, “ada typo kah? Ada pemikiran yang kurang relate dengan tema ini ga?”

Jangan setelah nulis langsung ditinggalkan, meskipun mungkin sudah merasa lelah akibat riset berjam-jam sebelumnya. Berikan yang terbaik semaksimal mungkin, baru dipasrahkan. Cek lagi dan lagi itu wajib dilakukan.

2. Teknik menulis di blog.

  • a. Untuk menyajikan tulisan yang baik, kita perlu paham jenis tulisannya apa. Misal ada lomba gadget, apakah kita akan menulisnya dengan gaya review, berdasarkan opini dan pengalaman, atau reportase, atau malah kombinasi antara ketiganya dalam menuliskan mengenai gadget tersebut. Teh Zahra sendiri lebih sering menggunakan metode kombinasi dalam menyajikan tulisan,
  • b.Selain itu, perlu juga kerangka tulisan (pendahuluan, isi dan penutup). Misal dalam menulis dengan tema gadget, kita bisa membuka tulisan dengan kendala yang kita alami saat ini berkenaan dengan fitur-fitur yang ada dalam gadget yang akan kita ulas.  Penutupnya, dapat mengajak pembaca untuk membeli dan memiliki gadget tersebut.
  • c. Lalu, SATU TIPS PAMUNGKAS Teh Zahra untuk memenangkan blog, yaitu,

Tulislah paragraf pembukamu dengan sangat sangat indah. Estetika tulisan di paragraf pertama itu SANGAT PENTING. Berilah kesan estetik pada paragraf pembuka sehingga dapat memikat para juri dan  “menahan” mata pembaca untuk terus membaca tulisanmu sampai akhir. 

Perhatikan rima pula. Tulislah dengan diksi yang bagus dan memiliki rima. Teh Zahra juga menyebutkan salah satu member FLP Jepang yang memiliki keahlian menulis karya dengan diksi dan pilihan kata yang indah, yaitu Bunda Ryka Lolita yang juga merupakan sekretaris FLP Jepang saat ini. 

Teh Zahra lalu juga membacakan beberapa paragraf pembuka beliau yang berhasil memikat hati para juri dan menyabet juara. Paragraf pertama tentang lomba blog Lombok yang mengantarkan beliau mendapatkan hadiah travelling ke Lombok. Paragraf awal itu amat menggambarkan isi keseluruhan blog Kak Zahra, namun di akhir paragraf juga menyebutkan kalimat yang penuh tanda tanya yang berbunyi “pulau ini dipenuhi para penculik!”, sehingga berhasil mengajak mata juri untuk terus membaca tulisan Kak Zahra sampai akhir.

Paragraf pertama yang baik dan dapat memikat hati juri

Menurut Teh Zahra, paragraf pertama yang baik dan dapat memikat hati juri antara lain harus berisi:

1. Dapat menggambarkan semua isi dari tulisan kita,

2. Tambahkan rima,

3. Tambahkan diksi yang menarik.

Tambahan poin penting lainnya adalah, 

  • ~ Melibatkan seluruh panca indera

Melibatkan panca indera juga dapat membantu pembaca untuk dapat merasakan apa yang kita rasakan walaupun hanya melalui tulisan. 

  • ~ Berikan yang terbaik. Lakukan riset dari sumber yang bagus. Lalu sajikan dalam tulisan dan infografis. 
  • ~ Baca dan patuhi seluruh persyaratan yang ada.

Misal aturannya maksimal 500 kata, maka jangan menulis lebih dari 500 kata. Jika minimal 500 kata, maka kita boleh menambahkan tulisan kita bahkan hingga 2500 kata, atau mgkin 500 kata lebih sedikit dan kita tambahkan dalam infografis untuk lebih menguatkan tulisan kita. 

Syarat lainnya yang sering digunakan dalam lomba blog 

Teh Zahra juga menyebutkan beberapa syarat yang sering digunakan oleh panitia lomba blog. Salah satunya adalah syarat tentang,

“Semua blog baik yang TLD maupun bukan boleh ikut kompetisi ini”, hal ini berarti semua alamat blog memiliki kesempatan yang sama untuk memenangkan kompetisi. Ada juga persyaratan untuk menuliskan artikel di kompasiana, detik, dll. Jika ada persyaratan tersebut, maka sebaiknya jangan menuliskannya di blog kita pribadi. 

Lomba blog masa kini makin banyak, orang-orang kreatif juga makin bertebaran di luar sana, hadiah yang ditawarkan pun banyak sekali, maka mari kita coba sajikan artikel lomba dengan baik. Maka dari itu, ayo ikut lomba blog, karena tulisan kita bisa dibaca oleh brand-brand ternama dan tidak ada ruginya ikut kompetisi ini.

Baca juga:

MOCHISHITERU

Otsukaresamadeshita~ I love you, My Self!

Dinner Talk, Obrolan singkat saat makan malam

Sesi tanya jawab dengan Teh Zahra

Sebelum berakhir, Kakak moderator mengizinkan para sahabat FLP Jepang yang hadir untuk dapat bertanya langsung kepada Teh Zahra, nah beberapa pertanyaan yang maksud antara lain:

1. Dari kapan nulis blog dan bagaimana mengatasi jatuh bangun di dunia blog?

Sejak 2014 Teh Zahra mulai membuat blog dengan domain sendiri. Memiliki blog domain karena iri dengan teman Teh Zahra yang keren banget dalam ngeblog. Teman Teh Zahra itu membawa Teh Zahra ke komunitas blogger. Jangan sendirian ketika ngeblog, cari teman yang dapat diajak berkompetisi secara sehat. Saat ini Teh Zahra juga tergabung dalam Komunitas Emak Bogger, Blogger Perempuan, Warung Blogger, Blogger Bandung, dll. Kita harus berani memberitahukan tulisan kita ke orang banyak. Teh Zahra juga tergabung dalam Whatsapp group untuk blogwalking (saling mengunjuni blog dan meninggalkan jejak komentar pada masing-masing blog). Harus seperti itu, perlu bantuan orang lain untuk berproses di dunia blog ini, karena jika kita sendirian saja, kita akan lama.

Kendalanya, blog pernah ditelantarkan karena ada faktor kesehatan. Pernah juga minder dengan tulisan dan desain grafis orang lain. Untungnya Teh Zahra bangkit dan memiliki kesadaran untuk mengadu pada Rabbnya “Ya Allah, saya ga mau kayak gini”, tak lama Allah menjawab do’a Teh Zahra dengan membangkitkan semangat dan percaya diri Teh Zahra kembali dalam menulis blog. 

Akhirnya kini, Teh Zahra kembali aktif kembali di dunia blog dengan domain blog yang baru. Alhamdulillah.

2. Berapa kali total ikut lomba blog?

Ga pernah ngitung, tapi lebih banyak kalah daripada menangnya. Hehe… Teh Zahra juga bercerita teman beliau yang memiliki blog adhinugroho.com yang pernah memenangkan lomba blog hingga puluhan jumlahnya. Mas Nodi (panggilan dari pemilik adhinugroho.com) pun pernah memenangkan lomba blog hingga empat kali dalam satu bulan, dan pada bulan itu beliau mengikuti lomba blog lebih dari sepuluh kompetisi. Beliau yang keren pun juga mengalami lebih banyak kekalahan daripada kemenangan. Jadi, jika ada yang bertanya bagaimana cara memenangkan lomba blog ? Ya harus sering ikut lomba blog. Bahkan para pemenang lomba blog pun masih sering ikut lomba blog dan sering mengalami kekalahan tapi mereka TIDAK BERHENTI.  

Bahkan para pemenang lomba blog pun masih sering ikut lomba blog dan sering mengalami kekalahan tapi mereka TIDAK BERHENTI.  

3. Apakah lomba blog dilihat per artikel atau keseluruhan isi blog? Apakah kesempatan blog yang baru lebih kecil daripada blog lama dengan jutaan visitors?

Per artikel. Yang dinilai adalah perfroma , isi dan ide-ide yang ada di artikel itu. Blog yang sudah memiliki beberapa tulisan juga diutamakan, setidaknya ada 3-4 tulisan sebelumnya. Kecuali lomba SEO, akan beda lagi syarat dan pembahasannya.

4. PUEBI dan KBBI apakah penting dalam lomba blog?

Beberapa blog ada yang mensyaratkan itu. Namun rata-rata yang diikuti Teh Zahra tidak terlalu menekankan PUEBI, namun harus menggunakan Bahasa Indonesia yang berterima,baik dan sering kita gunakan dalam berkomunikasi. Namun, saat ini Teh Zahra ketika menulis artikel lomba blog sering mampir ke KBBI online, karena bahasa Indonesia banyak kosakata yang baru dan indah-indah. Karena jika ada tulisan yang menyajikan dengan kosakata yang jarang digunakan orang lain, maka akan ada NILAI PLUS pada tulisan itu. So, ada baiknya kita mempelajari kata-kata baru yang nantinya bisa kita tuangkan juga dalam tulisan kita.

5. Buat orang yang hibernasi dari blog, harus mulai dari blog lama atau bikin blog baru aja?

Balik ke kita. Kalau Teh Zahra bikin baru karena ga mau ribet dengan migrasi dengan lain-lain. Jadi bagaimana enaknya masing-masing individu.

6. Butuh berapa jam untuk menulis satu artikel termasuk riset dan lain-lain?

Dengan aktivitas sekarang yang harus menemani dua jagoan kecil, bisa berhari-hari dan harus dicicil nulisnya. Dalam sehari bisa satu jam sudah Alhamdulillah, karena harus mengurus aktivitas yang utama.  Pertanyaan ke-enam ini dari Kak Una yang juga juara lomba blog ke Macau dengan Teh Zahra. 

Teh Zahra juga sedikit menceritakan alasan Kak Zahra dan dua pemenang lain bisa lolos memenangkan Kompetisi Blog ke Macau,

Tulisan Kak Una berbeda dengan yang lain, tentang Macau itu seperti Maxi Museum (museum yang sangat besar bernama Macau). Jika yang lain akan bercerita melalui reportase bahwa Macau memiliki tempat wisata ini dan itu, gondola buatan, begitu saja rata-rata. Pemenang lainnya, Kak Sofi memilih menyajikan kisah fiksi yang terjadi di Macau. Sementara Teh Zahra, adalah Sensasi meeting di Macau. Jadi, sajikan sesuatu yang BERBEDA dan MENARIK. Karena semua pasti nulis tentang liputan, maka kita harus bikin sesuatu yang berbeda.

7. Tema yang dituliskan itu sesuai mood sendiri atau sesuai keinginan pembaca?

Mood sendiri, karena blog adalah tempat Kak Zahra menyalurkan seluruh yang ada dalam pemikiran dan diri Teh Zahra. Mau ada yag baca atau ngga, terserah, ga akan jadi beban pikiran Kak Zahra. Namun berbeda ketika kita dipinang kerjasama dengan agency ata brand, maka kita harus menyajikan sesuatu unsur iklan tentang produk mereka beserta pengalaman pribadi kita.

Menulis yang baik memang sangat membutuhkan waktu yang kondusif, pikiran yang tenang.

8. Bagaimana tips untuk menulis yang istiqomah di blog di tengah gempuran youtube, tiktok, dll?

Yakin, bahwa platform selain blog itu hanya dapat menyajikan hal lain yang tidak dapat ditampilkan pada blog. Masing-masing memiliki pembeda. Sebenarnya masih banyak yang masih “stay” di dunia blog. 

9. Blog saya isinya gado-gado, apa bleh menuliskan artikel lomba pada blog seperti itu? Terima kasih.

Boleh banget. Asal syarat pada lomba blog itu harus digengggam karena itu patokan kita.

Pesan spesial Teh Zahra bagi para Sahabat yang hadir

“Tips-tips di atas tadi hanyalah sebagian kecil dari yang saya lakukan, sebagian besarnya adalah saya hanya mempresentasikan blogger lain yang lebih hebat pada IG LIVE kali ini. Saya tidak punya sesuatu yang mentereng untuk dibagikan, tapi Alhamdulillah saya punya temen-temen yang hebat yang saya belajar dari mereka dan saya sampaikan ke sini”, ujar beliau dengan suara khasnya yang amat lembut. Masyaa Allah

Jadi teman-teman jika ada pertanyaan, apakah Teh Zahra ada rekomendasi blogger hebat, bisa langsung menghubungi Teh Zahra. Beliau akan berusaha memberi tahu dan silakan teman-teman belajar sendiri dengan mereka. Karena Teh Zahra merasa masih serba terbatas dalam memberikan ilmu, tapi kak Zahra sangat beruntung dikelilingi oleh teman-teman yang hebat. 

So, Kunci memenangkan lomba blog ala Teh Zahra ada pada Attitude dan Technique. Berikan dan lakukan yang terbaik pada dua poin itu, maka kemenangan itu hanya tinggal menunggu waktu saja.

Wah, mantap yaa, masyaa Allah. Isinya daging wagyu A5 nih 🤩 🥳

Bagaimana menurut teman-teman?

Tips Teh Zahra yang mana yang paling bikin kamu angguk-angguk kenceng? 😄

Baca juga:

Pengalaman PAP SMEAR test di Jepang

Tips ala Masyarakat Jepang dalam bersosial media (Millennial Tips)

Semoga ada kebaikan, manfaat dan keberkahan dari ilmu Teh Zahra yang sudah saya tulis ini untuk kita semua, ya! Semoga Allah karuniakan keberkahan ilmu, kesehatan, kemudahan dalam hidup, kebaikan untuk Teh Zahra, penulis artikel ini alias saya 😋,dan untuk semua teman-teman yang berkenan mampir dan membaca tulisan ini, dan juga meninggalkan jejak komentar yang baik. Aamiiin.

Mohon maaf lahir batin, ya!

Terima kasih banyak sudah berkenan membaca artikel ini. Last but not least, semoga ada kebaikan, keberkahan dan hikmah yang dapat diambil dari pengalaman dan tulisan saya kali ini, ya! Saran kritik bisa langsung ke surel vidyayupi@gmail.com, atau instagram @vidyagatari .  Terima kasih ƪ(ˆ▽ˆ)ʃ

2 Replies to “Tips Rahasia Memenangkan Lomba Blog ala Teh Zahra (Ngobrol Seru FLP Jepang #9)”

Bagaimana tanggapanmu? Mari berbagi ^_^

%d bloggers like this: